Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sejarah yaitu Tentang “Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Mengetahui perkembangan kerajaan Mataram Kuno  dapat digunakan beberapa sumber yang dari candi. Ada beberapa candi yang berkaitan dengan kerajaan Mataram Kuno di antaranya Candi Sewu, Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Puntadewa, Candi Semar. Di samping beberapa candi tersebut, sumber sejarah kerajaan Mataram Kuno juga berasal dari berita cina.


Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Berikut ini terdapat beberapa 8 candi peninggalan kerajaan mataram kuno, yaitu sebagai berikut:


  1. Candi Sewu

Candi Sewu

Terletak di kawasan sekitar candi Prambanan, tepatnya di Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Candi Sewu adalah candi Budha terbesar kedua setelah Borobudur.


  1. Candi Arjuna

Candi Arjuna

Terletak di kompleks Percandian Arjuna,tepatnya di Dataran Tinggi Dieng, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi Hindu satu ini mirip dengan candi-candi di kompleks Gedong Sanga.


  1. Candi Bima

Candi Bima

Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi ini dikatakan memiliki banyak keunikan, misalnya dalam hal arsitekturnya yang mirip dengan candi-candi yang ada di India.


  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi peninggalan Kerajaan Mataram Lama yang satu ini sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia sebagai candi Budha terbesar yang pernah ada. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah dan diperkirakan berasal dari ke 8 Masehi.

Artikel Terkait:  Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

  1. Candi Mendut

Candi Mendut

Candi Mendut merupakan candi peninggalan Agama Budha yang diperkirakan dibangun sejak Mataram berada di bawah kepemimpinan Raja Indra dari Dinasti Syailendra. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah.


  1. Candi Pawon

Candi Pawon

Jika Borobudur, Mendut, dan Pawon dilihat dari atas, ketiganya terletak di satu garis lurus. Inilah yang membuat para ahli merasa keheranan. Candi pawon masih belum diketahui secara jelas asal-usulnya karena bukti sejarah yang ditemukan masih sangat terbatas.


  1. Candi Puntadewa

Candi Puntadewa

Candi yang terletak di kompleks candi Arjuna ini juga merupakan candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi bercorak Hindu ini mempunyai ukuran kecil tapi terlihat tinggi.


  1. Candi Semar

Candi Semar

Candi Semar terletak berhadapan langsung dengan Candi Arjuna. Bentuknya segiempat membujur arah Utara – Selatan dengan tangga masuknya berada di sisi Timur dan Barat.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sejarah Tentang 8 Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno dan Gambarnya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: