Ciri Masyarakat: Pengertian, Fungsi, Unsur dan Proses

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sosiologi yaitu Tentang “Budaya Politik“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Ciri Masyarakat: Pengertian, Fungsi, Unsur dan Proses

Pengertian Masyarakat

Masyarakat merupakan sekumpulan orang yang terdiri atas berbagai kalangan, baik itu merupakan golongan mampu maupun tidak mampu, yang tinggal pada wilayah yang sama, serta mempunyai hukum adat, norma dan peraturan-peraturan untuk ditaati.

Menurut dari ilmu etimologi, istilah kata “masyarakat” adalah istilah dari serapan bahasa Arab yaitu “Syaraka” yang bermakna ikut dalam berpartisipasi. Dalam bahasa Inggris, kata “masyarakat” disebut “society”, yang bermakna sekumpulan orang-orang yang membentuk sistem dan terdapat komunikasi di dalamnya.


Ciri-Ciri Masyarakat

Berikut ini terdapat enam ciri-ciri masyarakat, antara lain:


1. Manusia yang Hdup Berkelompok

Manusia yang hidup secara bersama-sama dan kemudian membentuk sebuah kelompok. Dari kelompok yang dibentuk tersebut kemudian menjadi masyarakat. Mereka mengenali satu sama lain tiap anggota masyarakat dan saling ketergantungan. Kesatuan sosial adalah perwujudan yang terjadi dalam hubungan sesama manusia. Seorang manusia tidak dapat melanjutkan hidupnya tanpa bergantung dengan orang lain.


2. Melahirkan Kebudayaan

Dalam konsepnya, tidak ada suatu masyarakat yang tidak mempunyai budaya. Masyarakat yang melahirkan kebudayaan dan budaya tersebut kemudian diwarisikan dari generasi ke generasi dengan adanya proses-proses penyesuaian.


3. Mengalami Perubahan

Seperti yang terjadi dalam budaya, suatu masyarakat juga akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor yang berasal dari masyarakat itu sendiri. Contohnya : terdapat penemuan baru yang mungkin saja dapat mengakibatkan perubahan kepada suatu masyarakat itu sendiri.


4. Manusia yang Berinteraksi

Interaksi yang terjadi dapat secara lisan ataupun tidak serta suatu komunikasi berlaku apabila terdapat masyarakat bertemu dengan satu sama lain.


5. Terdapat Kepimpinan

Pemimpin dapat terdiri dari ketua keluarga, ketua negara, dan sebagainya. Dalam masyarakat Melayu pada awal kepimpinannya bercorak tertutup, karena pemilihan yang berdasarkan keturunan.

Artikel Terkait:  Pengertian, Unsur dan Interaksi Sosial yang mengakibatkan Asimilasi

6. Terdapat Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial merupakan meletakkan salah satu orang pada sebuah kedudukan dan peranan yang harus dilakukan dalam suatu masyarakat.


Fungsi Masyarakat

Berikut ini terdapat 4 fungsi masyarakat, antara lain:


1. Social Alignment

Social Aligment merupakan suatu sistem dengan pengelompokkan yang berdasarkan kekerabatan, jenis kelamin, umur, berbagai bentuk dari perkumpulan yang berdasarkan pekerjaan sama, kedudukan ataupun status peranan.


2. Social Controls

Social Controls merupakan suatu sistem serta proses yang bertujuan guna mengatur kegiatan dan juga tingkah laku dari tiap individu masyarakat. Sistem ini dapat disebut sebagai sistem pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengendalikan tiap anggota masyarakat untuk mengatur kehidupannya.


3. Social Media

Social Media merupakan suatu perlengkapan dan peralatan, yang dapat berupa benda ataupun sebuah bahasa yang kemudian dijadikan sebagai media bagi para anggota masyarakat untuk melangsungkan interaksi dan komunikasi dengan sesamanya.


4. Social Standards

Social Standards adalah suatu ukuran sosial yang dipakai guna menilai dan menentukan seluruh kegiatan dan menilai efektif atau tidaknya suatu kegiatan.


Unsur-Unsur Masyarakat

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur masyarakat, antara lain:

  1. Terdapat perkumpulan manusia dan jumlah anggotanya banyak.
  2. Terdapat aturan yang bertujuan untuk mengatur masyarakat guna menuju pada tujuan dan kepentingan bersama.
  3. Telah hidup dan bertempat tinggal dalam waktu yang lama pada daerah tertentu.
  4. Bila dipandang dari cara terbentuknya sebuah masyarakat, antara lain:
  5. Masyarakat natur, adalah masyarakat yang dapat terjadi dengan sendirinya baik itu disengaja ataupun tidak. Seperti : suku, geromboklan (harde), dan lain sebagainya.
  6. Masyarakat kultur, adalah masyarakat yang dapat terjadi dikarenakan adanya kapentingan kepercayaan atau keduniaan.

Masyarakat yang dipandang dari sudut dunia Antropologi terdapat 2 type masyarakat, antara lain:

  • Masyarakat kecil yang pada umumnya masih belum kompleks, belum mengenal tentang pembagian kerja, tulisan, dan lain sebagainya.
  • Masyarakat yang sudah kompleks, sudah melakukan spesialisasi dalam berbagai bidang barmasyarakat, karena memiliki pengetahuan yang modern yang maju, teknologi juga sudah berkembang, serta sudah mengenal tentang tulisan.
Artikel Terkait:  Materi Pengangguran

Proses Terbentuknya Masyarakat

Berikut ini terdapat lima proses terbentuknya masyarakat, antara lain:


1. Proses Belajar Kebudayaan Sendiri

Proses belajar kebudayaan sendiri terbagi tiga, antara lain:

  • Proses Internalisasi

Manusia memiliki suatu bakat tersendiri yang ada dalam DNA guna mengembangkan macam-macam perasaan, emosi, hasrat, dan nafsu pribadinya. Namun, perwujudan atau bentuk dari kepribadiannya itu sendiri dipengaruhi oleh macam-macam stimulasi yang terdapat di lingkungan sosial, budayanya, dan di sekitar alam.

Yang dimaksud dari proses internalisasi ialah sebuah proses jangka panjang sejak individu itu dilahirkan sampai meninggal, dimana manusia tersebut belajar untuk menanamkan ke dalam kepribadiannya segala perasaan, nafsu, emosi, dan hasrat yang dibutuhkan disepanjang hidupnya.


  • Proses Sosialisasi

Proses sosialisasi erat kaitannya dengan proses belajar kebudayaan yang ada dalam sistem sosial. Proses sosialisasi tersebut, manusia pada saat masa anak-anak sampai di masa tuanya mendalami pola-pola tindakan untuk interaksi dengan berbagai macam individu yang ada di sekililingnya.


  • Proses Enkulturasi

Dalam proses ini, manusia menyesuaikan dan mempelajari alam pikiran serta sikapnya terhadapa sistem norma, peraturan-peraturan, dan adat-istiadat yang hidup dalam kebudayaannya. Arti dari kata “enkulturasi” yaitu “pembudayaan”.


2. Proses Evolusi Sosial

Proses evolusi masyarakat dan kebudayaan dapat untuk dianalisis oleh para peneliti seolah-olah dari dekat dengan detail ataupun dipandang dari jauh dengan cara memperhatikan adanya berbagai macam perubahan yang besar.


3. Proses Difusi

Ilmu Paleo antropologi memperkirakan jika manusia muncul pertama kali di wilayah atau daerah Sabana tropikal yang terletak di Afrika Timur, dan sekarang manusia sudah hampir menduduki di seluruh permukaan bumi. Hal ini dapat dijelaskan karena terdapat proses reproduksi serta migrasi atau gerakan penyebaran yang disertai dengan adanya proses adaptasi sosial budaya, fisik, dan perkembangan teknologi transportasi itu sendiri.

Artikel Terkait:  Pengertian Kepribadian

4. Akulturasi atau Asimilasi

Akulturasi yaitu proses sosial yang dapat timbul apabila kelompok manusia dengan kebudayaan-kebudayaan tertentu yang dihadapkan dengan berbagai unsur dari kebudayaan yang masih asing yang sedemikian rupa, yang pada akhirnya unsur-unsur dari kebudayaan asing tersebut akan lambat laun diterima serta diolah ke dalam kebudayaan sendiri dengan tidak menghilangkan kepribadian dari suatu kebudayaan itu sendiri. Asimilasi merupakan suatu proses sosial yang dimana dapat timbul jiak terdapat berbagai golongan manusia yang memiliki latar kebudayaan berbeda.


5. Inovasi

Inovasi yaitu proses pembaruan dari pemakaian berbagai macam sumber alam, modal, dan energi, pengaturan baru untuk tenaga kerja, serta pemakaian teknologi yang lebih baru untuk semua yang akan menyebabkan terjadinya sistem produksi, dan dibuatnya berbagai macam produk baru.

Masyarakat pada umumnya menganut sistem adaptif yaitu sistem dimana masyarkaat mudah menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitar, hal ini karena masyarakat adalah wadah guna memenuhi kepentingan-kepentingan dan tentunya untuk dapat bertahan. Masyarakat juga memiliki berbagai macam kebutuhan yang sifatnya harus dipenuhi supaya masyarakat dapat bertahan hidup terus-menerus.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sosiologi Tentang Ciri Masyarakat: Pengertian, Fungsi, Unsur dan Proses

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: