Pengertian Pasar, Fungsi, Peran, Jenis dan Kegunaan

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Pasar“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengertian Pasar, Fungsi, Peran, Jenis & Kegunaan

Pengertian Pasar

Secara sederhana pasar ialah sebagai tempat bertemunya antara pembeli dan penjual. Pengertian tersebut, ternyata bersifat tradisional sebab dengan kemajuan teknologi dan informasi, pembelian dan penjualan barang tidak harus bertemu secara langsung pada suatn tempat, tetapi pembeli dapat memesan barang melalui telepon, surat, atau internet.

Pasar ialah sebagai situasi ketika permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) bertemu untuk melakukan transaksi. Barang yang diperjualbelilcan merupakan barang dan jasa hasil produksi, atau berupa faktor-faktor produksi. Misalnya, pasar tenaga keija dan pasar modal.


Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini terdapat beberapa pengertian pasar menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut William J.Stanton

Pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.


2. Menurut Wikipedia

Pasar adalah institusi, sistem, hubungan sosial, prosedur, serta infrastruktur di mana terdapat usaha untuk menjual barang, tenaga kerja serta jasa untuk sekumpulan orang dengan imbalan uang.


3. Menurut Kotler dan Amstrong

Pasar adalah seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa.


4. Menurut KBBI

Pasar adalah tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual-beli. Merupakan sebuah tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud untuk dapat mencari derma.


5. Menurut Handri Ma’aruf

Pasar adalah sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapatkan jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut.


Fungsi Pasar

Berikut dibawah ini terdapat beberapa fungsi pasar, antara lain:

  • Sebagai Distribusi Produk
  • Sebagai Penetapan Harga atau Nilai
  • Sebagai Promosi
  • Sebagai Penyerapan Tenaga Kerja
  • Sebagai Menyediakan Barang dan Jasa Guna Masa Mendatang

Peran Pasar dalam Perekonomian

Keberadaan pasar mempunyai fungsi yang penting. Bagi konsumen, adanya pasar akan mempermudah dalam memperoleh barang dan jasa kebutuhan sehari-hari. Adapun bagi produsen, pasar menjadi tempat untuk mempermudah proses penyaluran barang hasil produksi. Secara umum, terdapat beberapa peran dalam perokonomian, antara lain:

Artikel Terkait:  Makalah Pasar Uang

  • Pasar Sebagai Sarana Distribusi

Pasar sebagai sarana distribusi, berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan dengan konsumen, baik secara langsung maUpun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya.


  • Pasar Sebagai Pembentuk Harga

Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk ber-transaksi. Interaksi antam pembeli dan penjual di pasar akan mendorong ter-bentuknya harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.


  • Pasar Sebagai Sarana Promosi

Pasar sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi tempat untuk memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa tentang manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen. Promosi dilakukan untuk menarilc minat pembeli terhadap barang atau jasa yang diperkenalkan. Biasanya produsen yang menawarkan barang dengan harga murah dan kualitasnya bagus alcan menjadi pilihan konsumen.


Jenis-Jenis Pasar

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis pasar, antara lain:


1. Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu, terdapat beberapa jenis pada bagian ini, yakni sebagai  berikut:


  • Pasar Harian

Pasar harian ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau permintaan setiap hari. Produk yang diperjualbelikan diantaranya kebutuhan sehari-hari, baik barang konsumsi maupun bahan-bahan produksi.


  • Pasar Mingguan

Pasar mingguan ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau permintaan seminggu sekali. Pasar ini biasanya terjadi di daerah-daerah pedesaan yang jumlali penduduknya belum terlalu padat, sehingga kegiatan interaksi dan jumlah kebutuhan mereka belum seperti di daerah yang padat penduduknya.


  • Pasar Bulanan

Pasar bulanan ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau permintaan sebulan sekali. Mereka yang datang di pasar ini biasanya adalah para pembeli yang akan membeli barang untuk dijual kembali seperti pasar ternak sapi dan sebagainya. Demikian juga dari penjual, umumnya yang datang ke pasar ini adalah para piedagang barang tertentu.


  • Pasar Tahunan

Pasar tahunan ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau permintaan setahun sekali dalam rangka *nemperingati peristiwa tertentu. Misalnya Pekan Raya Jakarta {Jakarta Fair) yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Jakarta.


2. Berdasarkan Nyata dan Tidak Nyatanya

Berdasarkan nyata dan tidak nyatanya, terdapat beberapa jenis pada bagian ini, yakni sebagai  berikut:


  • Pasar Abstrak

Pasar abstrak ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau permintaan dengan tidak menghadirkan barang yang diperjualbelikan, melainkan hanya contoh-contoh dari barang tersebut. Seperti pasar valuta asing dan pasar modal.


  • Pasar Konkret

Pasar Konkret ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau permintaan dengan secara langsung menghadirkan barang yang akan diperjualbelikan sehingga ketika terjadi proses transaksi, barang dapat langsung diserah terimakan.

Artikel Terkait:  Pengertian Pasar Keuangan

3. Berdasarkan Jenis Barang

Berdasarkan jenis barang, terdapat beberapa jenis pada bagian ini, yakni sebagai  berikut:


  • Pasar Barang Konsumsi atau Pasar Output

Pasar barang konsumsi atau pasar output ialah pasar yang memperjualbelikan barang-barang kosumsi, seperti barang-barang kebutuhan pokok, elektronik, telepon seluler, dan sebagainya.


  • Pasar Faktor Produksi atau Pasar Input

Pasar faktor produksi atau pasar input ialah pasar yang memperjualbelikan faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan.


4. Berdasarkan Jangkauan Distribusinya

Berdasarkan jangkauan distribusinya, terdapat beberapa jenis pada bagian ini, yakni sebagai  berikut:


  • Pasar Lokal

Pasar Lokal atau pasar tradisional ialah pasar yag jangkauan distribusinya hanya meliputi daerah sekitar pasar itu berada. Barang-barang yang diperjualbelikan merupakan kebutuhan masyarakat sekitar pasar tersebut, misalnya sayur-sayuran, ikan, beras, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.


  • Pasar Daerah

Pasar daerah ialah pasar yang mempertemukan pedagang-pedagang menengah yang melayani pedagang kecil atau pedagang eceran. Barang-barang yang diperjualbelikan merupakan barang-barang konsumsi hasil industri seperti sabun, teh, kopi, pakaian, dan sebagainya.


  • Pasar Nasional

Pasar nasional ialah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang dibutuhkan konsumen di seluruh wilayah suatu Negara. Barang yang diperdagangkan berupa barang konsumsi seperti kendaraan bermotor, barang produksi seperti onderdil mobil, surat berharga seperti saham dan obligasi dan valuta asing seperti dollar Amerika.


  • Pasar Internasional

Pasar internasional ialah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang konsumennya meliputi dunia internasinal. Kegiatan jual beli dilakukan melalui kegiatan impor dan ekspor seperti ekspor tekstil, impor mobil, dan sebagainya.


5. Berdasarkan Strukturnya

Berdasarkan strukturnya, terdapat beberapa jenis pada bagian ini, yakni sebagai  berikut:


  • Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna adalah pasar yang memiliki karaktersitik sebagai berikut:

  1. Homogenitas Produk (Homogeneous Product), ialah produk yang diperjualbelikan homogen atau sejenis.
  2. Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge), ialah pengetahuan konsumen dan produsen sempurna tentang produk dan harga sehingga tidak ad a satu orang produsen dan konsumen pun yang bisa menentukan harga, harga ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran yang berinteraksi secara alami di pasar.
  3. Output Perusahaan Belatif Kecil (Small Relativity Output), ialah jumlah barang di pasar sangat banyak sehingga output perusahaan hanya bagian kecil dari output yang ada di pasar.
  4. Perusahaan Menerima Harga yang Ditentukan Pasar {Price Taker), ialah harga ditentukan oleh mekanisme pasar, hasil interaksi secara alamiah antara permintaan dan penawaran.
  5. Keleluasaan Keluar Masuk Pasar {Free Entry and Exit), ialah terdapat kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk keluar masuk pasar tanpa hambatan masuk atau hambatan keluar.
Artikel Terkait:  Materi Kebijakan Publik

  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna ialah pasar yang memiliki karakteristik kebalikan dari pasar persaingan sempurna. Pada pasar ini, penjual bisa menentukan harga dan jumlah barang sehingga diperoleh keuntungan yang maksimal, barang-barang yang diperjualbelikan terdiferensiasi yaitu untuk jenis yang sama memiliki berbagai variasi atau ragam corak dan bentuk, sehingga konsumen dapat membedakan dan melakukan pilihan secara bebas. Barang-barang yang terdiferensiasi tersebut dapat dibedakan melalui kualitas.wama, bentuk,ukuran,merek, aroma, pelayanan dan sebagainya.


6. Berdasarkan Jumlah Penjual

Berdasarkan jumlah penjual, terdapat beberapa jenis pada bagian ini, yakni sebagai  berikut:


  • Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna ialah pasar yang jumlah penjualnya banyak dengan produk yang homogen atau sama persis. Seperti pasar bunga, pasar tahu tempe dan lain-lain.


  • Pasar Monopoli

Pasar monopoli ialah pasar yang penjualnya hanya satu orang sehingga tidak ada persaingan sama sekali. Seperti pasar listrik yang dimonopoli PLN, bahan bakar minyak yang dimopoli Pertamina.


  • Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli ialah pasar yang penjualnya beberapa, antara 2 sampai 15 produsen. Barang yang diperjualbelikan bisa barang homogen maupun barang yang terdiferensiasi. Seperti indutri mobil, sepeda motor, televisi, pasta gigi dan sebagainya.


  • Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik ialah pasar yang penjualnya banyak tetapi lebih sedikit dibanding dengan pasar persaingan sempurna dan barang yang diperjualbelikan bersifat terdiferensiasi. Seperti pasar industri sepatu dan pakaian.


Kegunaan Pasar Bagi Aktivitas Ekonomi Masyarakat

Berikut ini terdapat beberapa kegunaan pasar bagi aktivitas ekonomi masyarakat, antara lain:

  1. Menyalurkan barang yang dihasilkan oleh produsen. Pasar Kongkrit akan mendistribusikan hasil produksi para produsen ke konsumen. Di pasar kongkrit produsen menawarkan barang dan konsumen akan membeli barang sesuai dengan tingkat pendapatan dan kebutuhannya.
  2. Sebagai tempat transaksi jual beli barang maupun jasa yang dihasilkan oleh masyarakat.
  3. Membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
  4. Membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang Pengertian Pasar, Peran, Jenis dan Kegunaannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: