Pengertian Pasar Keuangan

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Pasar Keuangan“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pasar Keuangan

Pengertian Pasar Keuangan

Pasar keuangan adalah pasar yang menyediakan produk keuangan baik berupa aktiva fisik surat berharga atau valuta asing. Beberapa ahli memberikan definisi pasar keuangan sebagai seluruh institusi dan prosedur untuk menjembatani pembeli dan penjual instrumen keuangan. Artinya, pasar keuangan merupakan penghubung antara pihak yang ingin menjual produk keuangan dan ingin membeli produk keuangan.

Produk yang diperjualbelikn dalam pasar keuangan adalah produk-produk keuangan, baik bagi yang membutuhkan dana dengan piha yang kelebihan dana. Oleh karena itu, pasar keuangan sering juga didefinisikan sebagai tempat bertemunya para pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang kelebihan dana.

Pihak yang membutuhkan dana memerlukan dana untuk membiayai aktivitas usahanya, sedangkan pihak yang kelebihan dana mengaharapkan adanya keuntungan dari dana yang ditanamkan atau dibeli pihak lain. Keuntungan dari pasar keuangan ini dapat berupa bunga, biaya administrasi, selisih kurs, atau selisih antara harga jual dengan harga beli.


Klasifikasi Pasar Keuangan

Berikut ini terdapat beberapa Pasar Keuangan, antara lain:


1. Klasifikasi Berdasarkan Sifat dari Klaim

Yaitu sebagai berikut:


  • Pasar Utang

Pasar utang merupakan tempat bertemunya permintaan dan penawaran danayang dinyatakan dalam suatu surat berharga yang bersifat hutang, sepertiobligasi, surat hutang negara (SUN), dan sebagainya. Surat utang ini dapat dikeluarkan oleh perusahaan atau negara. Di Indonesia dulu dilakukan di bursa efek Surabaya (BES) namun saat ini semua jenis pasar, baik pasar utang maupun pasar ekuitas dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI).


  • Pasar Ekuitas

Pasar ekuitas merupakan tempat   bertemunya   permintaan   dan   penawaran dana   yang   dinyatakan   dalam   suatu   surat   berharga   yang   bersifat penyertaan atau kepemilikan, seperti saham biasa atau saham preferen. Surat berharga ini dapat dikeluarkan oleh perusahaan milik swasta atau pemerintah. Pasar ekuitas dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI).


2. Klasifikasi Berdasarkan Jatuh Tempo

Yaitu sebagai berikut:


  • Pasar Uang

Pasar uang merupakan titik pertemuan antara permintaan dana jangka pendekdengan penawaran jangka pendek. Pengertian jangka pendek secara konvensional ditafsirkan dalam kurun waktu satu tahun atau kurang darisatu tahun. Perwujudan dari pasar semacam ini berupa institusi dimanaindividu-individu atau organisasi-organisasi yang mempunyai kelebihan dana jangka pendek bertemu dengan individu yang memerlukan dana (debitur) jangka pendek.

Artikel Terkait:  Kebijakan Moneter adalah

Oleh karena itu, pasar uang memungkinkan kedua pihak tersebut bertemu, yang pada dewasa ini merupakan suatu sistem yang operasinya sangat canggih. Perusahaan atau organisasi yang berkepentingan bisa menerima dana untuk operasi jangka pendekpula. Ditinjau dari segi lain, masyarakat bisa mempunyai dana untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

Sebagai contoh, masyarakat yang tidak memiliki dana meminjam uang membeli saham dari pasar modal dan mengharapkan keuntungan dalam jangka pendek.  Suplier dana jangka pendek dalam pasar uang biasanya adalah bank komersial dan institusinon keuangan yang mempunyai kelebihan dana.


  • Pasar Modal

Pasar Modal dirancang untuk investasi jangka panjang. Pengguna pasarmodal   ini adalah individu-individu, pemerintah, organisasi dan perusahaan. Nilai nominal investasi bisa sama dengan pada pasar modal uang atau dapat   lebih   rendah   atau   lebih   tinggi.   Yang   membedakan bukanlah nilai nominal investasi tetapi jangka waktu penanaman investasi. Misalnya, jangka waktu pemegang saham tidak terbatas, tetapi deposito biasanya mempunyai   waktu   kurang   dari   satu   tahun.

Di pasar modal, penawaran dan permintaan sangat bervariasi dibandingkan dengan pasar-pasar uang. Dari segi lain penawaran pada saat ini bisa   menjadi permintaan besok. Tetapi, pemain yang memegang peranan penting adalah perusahaan-perusahaan   dengan   berbagai   ukuran   yang menggunakan dana jangka panjang. Perusahaan-perusahaan tersebut termasuk perusahaan industtri, manufaktur, perbankan, asuransi dan lain-lain.


3. Klasifikasi berdasarkan penerbitan klaim

Yaitu sebagai berikut:


  • Pasar Primer atau Perdana

Pasar perdana adalah Tempat atau sarana untuk menawarkan   saham dari perusahaan yang   menerbitkan   saham (emiten) kepada pemodal selama jangka waktu yang   ditetapkan   pertama   kali   sebelum   saham   tersebut diperdagangkan dipasar sekunder. Dikatakan tempat karena secara fisik pihak pembeli dapat bertemu dengan penjamin   emisi   atau   agen   penjual untuk melakukan pesanan sekaligus membayar uang pesanan. dan dikatakan sarana karena pihak pembeli sebenarnya dapat melakukan transaksi pembelian melalui telepon dari rumah dan membayar dengan cara mentransfer uang melalui bank ke rekening agen   penjual.

Penawaran umum awal ini akan merubah status perusahan tertutup menjadi perusahaan terbuka (Tbk) karenasekarang saham yang ada tidak hanya dimiliki oleh para pendiri perusahaantetapi juga dimiliki oleh masyarakat luas. Pengertian terbuaka yang lain adalah bahwa sekarang perusahaan memiliki kewajiban untuk membuka semua informasi kepada pemegang saham kecuali yang bersifat   rahasia untuk menjaga persaingan.

Artikel Terkait:  Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Harga saham di pasar perdana ditentukan oleh penjamin emisi dan perusahaan yang akan go public (emiten), berdasarkan analisa fundamental perusahaan yang bersangkutan. Peranan penjamin emisi pada pasar perdana selain menentukan harga saham juga melaksanakan penjualan saham kepada masyarakat sebagai calon pemodal. Pada saat ini semua dana yang diperoleh sebagai hasil penjualan saham tersebut akan masuk sebagai modal perusahan (emiten).


  • Pasar Sekunder

Pasar sekunder didefinisikan  sebagai perdagangan saham setelah melewatimasa penawaran pada pasar perdana. Jadi setelah selesai masa penjualanpada pasar perdana maka kemudian saham tersebut dapat dijual dan dibelioleh pemodal dipasar sekunder. Harga jual saham pada pasar ini ditentukanoleh   kekuatan   permintaan   dan   penawaran   saham   oleh   pemodal.   Kekuatanpermintaan dan penawaran dipengaruhi  oleh 2 hal yaitu :

  1. faktor internal perusahaan yaitu suatu kondisi yang berada didalam perusahaan dan biasanya dapat dikontrol oleh perusahaan   dan   akan mempengaruhi kelancaran kegiatan operasi perusahaan   seperti   kebijakan   perusahaan, pembagian deviden, kinerja perusahaan, prospek perusahaan dimasa yang akan   datang   dsb.
  2. faktor eksternal perusahaan  yaitu suatu kondisi yang berada diluar perusahaan dan biasanya tidak dapat dikontrol oleh perusahan tetapi dapat mempengaruhi kelancaran kegiatan operasi perusahaan, seperti : gejolak   ekonomi negara, kebijakan moneter, politik, keamanan negara dan sebagainya. Hasil dari kegiatan jual beli saham ini tidak lagi akan masuk kedalam kas perusahaan tetapi akan masuk dalam kas para pemodal.

  • Pasar Ketiga

Pasar ketiga adalah tempat perdagangan saham atau sekuritas lain diluar bursa (over the counter market). Bursa paralel merupakan suatu sistem perdagangan efek terorganisir diluar bursa efek resmi, dalam bentuk pasar sekunder yang diatur dan dilaksanakan oleh Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek dengan diawasi dan dibina oleh Badan Pengawas Pasar Modal.

Dalam pasar ketiga ini tidak memiliki pusat lokasi perdagangan seperti dalampasar sekunder yang disebut dengan Floor trading (lantai bursa). Operasi yang ada pada pasar ketiga berupa pemusatan informasi yang disebut trading information.

Informasi yang diberikan dalam pasar ini meliputi harga saham, jumlah transaksi dan keterangan lainnya mengenai surat berharga yang bersangkutan. Dalam sistem perdagangan ini pialang dapat bertindak sebagai pedagang efek ataupun perantara efek.


Jenis-Jenis Pasar Keuangan

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis pasar keuangan, antara lain:

  1. Pasar modal (capital market), merupakan pasar diperjualbelikannya modal jangka panjang dalam bentuk surat beharga seperti obligasi dan saham. Jangka waktu surat berharga yang ditawarkan biasanya berumur lebih dari satu tahun.
  2. Pasar uang (money market), merupakan pasar diperjualbelikannya modal jangka pendek dalam bentuk surat berharga, seperti deposito berjangka, wesel, atau promes di mana jangka waktunya kurang dari satu tahun.
  3. Pasar valuta asing (foreign exchange market), merupakan pasar yang melakukan kegiatan transaksi valuta asing (mata uang asing), baik spot transaction, forward transaction, dan swap transaction.
  4. Pasar kredit konsumen (consumer credit market), merupakan pasar yang melayani pembiayaan pinjaman untuk pembiayaan konsumen atas produk tertentu baik barang ataupun jasa, seperti pembelian mobil, motor, perlengkapan rumah tangga, pendidikan, atau liburan.
  5. Pasar hipotek (mortgage market), merupakan pasar yang melayani pinjaman untuk lahan real estate atau perumahan, komersial, industri dan pertanian.
  6. Pasar komoditas (future market), merupakan pasar yang melakukan kegiatan jual beli komoditas tertentu seperti produk pertanian.
Artikel Terkait:  Materi Negara Maju dan Berkembang

Manfaat Pasar Keuangan

Tanpa terdapat pasar keuangan ini maka peminjam uang (kreditur) akan mendaat kesulitan dalam menemukan debitur yang bersedia untuk memberikan pinjaman kepadanya.

Pengantara seperti contohnya bank membantu dalam melakukan proses ini, dimana bank menerima deposito dari nasabahnya yang memiliki uang untuk ditabung dan kemudian bank dapat meminjamkan uang ini kepada orang yang berniat untuk meminjam uang. Bank umumnya memberikan pinjaman uang dalam bentuk kredit dan kredit pemilikan rumah.


Tujuan Pasar Keuangan

Berikut ini terdapat beberapa tujuan pasa keuangan, antara lain:


1. Pihak yang membutuhkan dana

Dalam hal ini baik pihak Bank maupun perusahaan non Bank yang kebetulan membutuhkan dana yang segera harus dipenuhi untuk kepentingan pihak Bank maupun perusahaan Non Bank dan juga kepentingan tertentu.


2. Pihak yang menanamkan dana

Yaitu pihak yang menyediakan dana atau pihak yang menjual dana baik Bank maupun perusahaan Non Bank dengan tujuan untuk investasi di pasar uang.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang Pasar Keuangan: Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Manfaat & Tujuan

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: