Pengertian Lembaga Pendidikan

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sosiologi yaitu Tentang “Lembaga Pendidikan“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Lembaga Pendidikan

Pengertian Lembaga

Lembaga Pendidikan ialah sebuah institusi pendidikan negeri ataupun swasta yang menawarkan kegiatan pendidikan formal mulai dari jenjang pra-sekolah sampai ke jenjang pendidikan tinggi, baik yang bersifat umum maupun khusus (misalnya sekolah agama atau sekolah luar biasa). Lembaga pendidikan juga merupakan sebuah institusi sosial yang menjadi agen sosialisasi lanjutan setelah lembaga keluarga.


Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai lembaga pendidikan, antara lain:


  • Drs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nur Uhbiyati

Lembaga Pendidikan ialah badan usaha yang bergerak dan bertanggung jawab atas terselenggaranya terhadap anak didik.


  • Enung K. Rukiyati, Fenti Himawati

Lembaga Pendidikan ialah wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan yang bersamaan dengan proses pembudayaan.


  • Hasbullah

Lembaga Pendidikan ialah tempat berlangsungnya proses pendidikan yang meliputi pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat.


  • Prof. Dr. Umar Tirtarahardja dan Drs. La Sula

Lembaga Pendidikan ialah tempat berlangsungnya pendidikan, khususnya pada tiga lingkungan utama pendidikan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.


Ciri-Ciri Lembaga Pendidikan 

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri dari lembaga pendidikan, antara lain:

  1. Mempunyai visi, misi dan tujuan yang kongkret
  2. Mempunyai kelebihan yang istimewa dan bersaing
  3. Mempunyai daya tahan kualitas yang konsisten
  4. Memberikan fasilitas mengenai rasa ketenteraman dan kebagagiaan
  5. Sanggup memperkirakan dan penyesuaian dengan arahan dan perkembangan zaman
  6. Mempunyai networking, partnership dan rekan kerja dengan instansi lain

Fungsi Lembaga Pendidikan

Berikut ini terdapat beberapa fungsi lembaga pendidikan, antara lain:


  • Fungsi Sosialisasi

Keberadaan lembaga pendidikan berfungsi besar dalam sistem sosialisasi pada siswa-siswi dengan lingkungan masyarakat.


  • Fungsi Pengendalian Sosial

Lembaga ini juga berfungsi dalam kondisi otoritas sosial dengan cara menanamkan nilai-nilai, norma dan ketataan susunan tradisional kepada para siswa-siswi.


  • Melestarikan Budaya

Kelestarian budaya masyarakat Indonesia yang sangat beraneka ragam yang pastinya akan dilestarikan.


  • Seleksi, Pelatihan dan Pengembangan Manusia

Lembaga ini juga memepunyai fungsiyang sangat penting dalam prosedur pemilihan, pelatihan dan meningkatkan sesorang yang bernilai bagi dunia kerja dan dunia bisnis.


  • Perubahan Sosial

Dengan terdapatnya lembaga pendidikan dan semua aktivitasnya, maka kondisi tersebut akan memperdampak kehidupan sosial secara umum.


Jenis-Jenis Lembaga Pendidikan

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis lembaga pendidikan, antara lain:


Pendidikan Formal (Pendidikan Sekolah)

Pengertian Pendidikan Formal

Pendidikan formal ialah lembaga pendidikan yang dilaksanakan sekolah-sekolah mulai dari jenjang pra-sekolah (kelompok bermain) hingga perguruan tinggi, baik yang bersifat umum maupun khusus.


Ciri-ciri Pendidikan Formal

  1. Diselenggarakan di dalam kelas yang terpisah menurut jenjangnya
  2. Ada persyaratan usia
  3. Ada jangka belajar tertentu
  4. Ada jadwal waktu belajar
  5. Proses belajar diatur secara tertib dan terstruktur

Pendidikan Informal (Pendidikan dalam Keluarga)

Pengertian Pendidikan Informal

Pendidikan informal ialah lembaga pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga. Pendidikan informal jarang disadari dan berlangsung seumur hidup.


Ciri-ciri Pendidikan Informal

  • Tidak terikat tempat dan waktu
  • Tidak terikat jenjang usia
  • Dapat berlangsung tanpa ada guru dan murid secara khusus
  • Tidak menggunakan metode tertentu
  • Tanpa menggunakan rencana pembelajaran (kurikulum)

Pendidikan Non-Formal

Pengertian Pendidikan Non-Formal

Pendidikan non-formal ialah lembaga pendidikan yang dilaksanakan di luar keluarga, sepertilembaga kursus.


Ciri-ciri Pendidikan Non-Formal

  1. Program yang dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Materi yang diberikan bersifat praktis atau sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat   pada saat itu dan segera dapat dipenuhi melalui pendidikan singkat.
  3. Waktu yang diperlukan relatif singkat.
  4. Biaya relatif murah.
  5. Usia peserta berbeda-beda.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sosiologi Tentang Pengertian Lembaga Pendidikan, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!

Artikel Terkait:  Materi Perubahan Sosial

Baca Artikel Lainnya: