10 Macam-Macam Kebutuhan Manusia Beserta Pengertian dan Contoh

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Kebutuhan Manusia“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

10 Macam-Macam Kebutuhan Manusia Beserta Pengertian dan Contoh

Setiap manusia pastinya mempunyai macam-macam kebutuhan manusia masing masing yang berbeda satu sama lainnya. Pastinya kebutuhan berbeda arti dengan keinginan. Apabila keinginan sebagai salah satu kondisi yang diinginkan setiap manusia, tetapi tidak wajib untuk dipenuhi, maka kebutuhan sebagai sesuatu kondisi yang harus dipenuhi oleh manusia itu sendiri untuk membantu kelangsungan kehidupannya.

Selain itu manusia juga harus mengalami beberapa faktor perabadan yang ada maupun dalam masyarakat modern dan suku pendalaman lainnya. Selain itu masih banyak beberapa faktor yang mempengaruhi dalam beberapa kondisi lainnya yang sehingga banyak masyarakat yang belum terpenuhi kebutuhannya.


Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Berikut ini macam-macam kebutuhan manusia, antara lain:


1. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, terbagi 2 macam kebutuhan manusia, antara lain sebagai berikut:


Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan fisik manusia. Contohnya ialah kebutuhan makanan, minuman, kesehatan dan pakaian.


Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan mental, jiwa, dan wawasan seseorang. Contohnya ialah ibadah, rekreasi dan hiburan, serta ceramah agama.

Artikel Terkait:  Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli

2. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Intensitasnya

Berdasarkan intensitasnya, terbagi 3 macam kebutuhan manusia, antara lain sebagai berikut:


Kebutuhan Primer

Kebutuhan Primer merupakan kebutuhan manusia yang mutlak harus dipenuhi keberadaannya agar manusia tetap hidup dan bisa beraktifitas. Contohnya ialah: makanan, pakaian, tempat tinggal dan sebagainya.


Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan Sekunder merupakan kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok telah terpenuhi dengan baik. Contohnya ialah: seperti makanan yang bergizi dan enak, pakaian yang baik atau bagus, perumahan yang baik dan sebagainya yang belum termasuk dalam kategori mewah.


Kebutuhan Tersier

Kebutuhan Tersier merupakan kebutuhan manusia yang ditujukan untuk kesenangan atau kemewahan hidup manusia. Contohnya ialah: kebutuhan akan perhiasan, mobil mewah, rumah mewah, rekreasi, dan sebagainya.


3. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu, terbagi 3 macam kebutuhan manusia, antara lain sebagai berikut:


Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan tidak dapat ditunda. Contohnya ialah: orang yang lapar harus makan, orang sakit perlu diobati dan orang haus perlu minum.


Kebutuhan yang akan Datang

Kebutuhan yang akan datang merupakan kebutuhan yang pemenuhannya harus dilakukan pada saat sekarang tetapi penggunaannya dilakukan pada waktu yang akan datang. Kebutuhan ini dapat ditunda bila dalam keadaan tidak mendesak. Contohnya ialah: menabung, asuransi, menyimpan hasil panen untuk masa paceklik dan sebagainya.


Kebutuhan Masa Depan

Setiap orang tentunya ingin mempunyai rasa kenyamanan, ketentraman, keyakinan dan kedamaian. Sehingga pentingnya untuk memenuhi kebutuhan rohani ini bagi setiap manusia. Misalnya saja kebutuhan seseorang terhadap agama, pastinya akan membuat seseorang tersebut merasa damai dan mempunyai pegangan yang kuat di dalam hidupnya. Kebutuhan akan rekreasi atau liburan, pastinya dapat memberikan kepuasan batin tersendiri bagi setiap orang.

Artikel Terkait:  Pengertian Permintaan

4. Kebutuhan Manusia Menurut Subjek

Berdasarkan subjek, terbagi 2 macam kebutuhan manusia, antara lain sebagai berikut:


Kebutuhan Pribadi (Individual)

Kebutuhan pribadi (individual) merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh seseorang atau kebutuhan perseorangan. Kebutuhan ini berbeda-beda tiap individu. Selain itu, kebutuhan ini pula dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin dan status profesi seseorang. Contohnya ialah: kebutuhan seorang laki-laki berbeda dengan kebutuhan seorang perempuan, kebutuhan petani berbeda dengan kebutuhan seorang guru, dan lain-lain.


Kebutuhan Umum (Masyarakat)

Kebutuhan umum (masyarakat) merupakan kebutuhan yang diperlukan sekelompok orang secara bersama-sama, misalnya rumah sakit, angkutan umum, jembatan, tempat ibadah, pos kamling dan gedung sekolah.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang 10 Macam-Macam Kebutuhan Manusia Beserta Pengertian dan Contoh

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!

 

Baca Artikel Lainnya: