Pengertian Bank Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan dan Jenis

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Bank“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengertian Bank Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan dan Jenis

Pengertian Bank

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang mempunyai kewajiban untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman modal kerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat umum.


Pengertian Bank Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian bank menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut G.M. Verryn Stuart

Bank merupakan suatu badan yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan kredit, baik dengan alat-alat pembayarannya sendiri atau dengan uang yang diperolehnya dari orang lain, maupun dengan jalan mengedarkan alat-alat baru berupa uang giral.


2. Menurut Abdul Rachman

Bank merupakan suatu jenis lembaga keuangan yang menjalankan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga, membiayai usaha perusahaan-perusahaan dan lain sebagainya.


3. Menurut Thomas Mayer, James D. Duesenberry dan Z. Aliber

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang sangat penting bagi kita untuk menciptakan beberapa uang dan memiliki berbagai macam kegiatan yang lainnya.


4. Menurut Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998

Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.


5. Menurut Ikatan Akuntan Indonesia

Bank merupakan lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan antara pihak yang mempunyai dana dan pihak yang membutuhkan dana serta lembaga yang berfungsi untuk memperlancar lalu lintas pembayaran.

Artikel Terkait:  Pengertian Ekonomi Syariah

Fungsi Bank

Berikut ini terdapat 3 (tiga) fungsi dari bank, antara lain:


1. Agent of Trust (Agen Percaya)

Agent of Trust (Agen Percaya) merupakan lembaga yang landasannya kepercayaan. Dasar utama kegiatan perbankkan adalah kepercayaan, baik dalam penghimpun dana maupun penyaluran dana. Masyarakat akan mau menyimpan dana dananya di bank apabila dilandasi kepercayaan. Dalam fungsi tersebut akan di bangun kepercayaan baik dari pihak penyimpan dana maupun dari pihak bank dan  kepercayaan ini akan terus berlanjut kepada pihak debitor. Kepercayaan ini penting dibangun karena dalam keadaan ini semua pihak ingin merasa diuntungkan untuk baik dari segi penyimpangan dana, penampung dana maupun penerima penyaluran dana tersebut.


2. Agent of Development (Agen Pengembangan)

Agent of Development (Agen Pengembangan) merupakan lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi. Kegiatan bank berupa penghimpun dan penyalur dana sangat diperlukan bagi lancarnya kegiatan perekonomian di sektor riil. Kegiatan bank tersebut memungkinkan masyarakat melakukan kegiatan investasi, kegiatan distribusi, serta kegiatan konsumsi barang dan jasa, mengingat bahwa kegiatan investasi , distribusi dan konsumsi tidak dapat dilepaskan dari adanya penggunaan uang. Kelancaran kegiatan investasi, distribusi, dan konsumsi ini tidak lain adalah kegiatan pembangunan perekonomian suatu masyarakat.


3. Agent of Service (Agen Layanan)

Agent of Service (Agen Layanan) merupakan lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi. Disamping melakukan kegiatan penghimpun dan penyalur dana, bank juga memberikan penawaran jasa perbankan yang lain kepada masyarakan. Jasa yang ditawarkan bank ini erat kaitannya dengan kegiatan perekonomian masyarakat secara umum.


Tujuan Bank

Secara umum tujuan perbankan Indonesia ialah untuk membantu penerapan pembangunan nasional demi tercapainya pemerataan, peningkatan ekonomi dan pertumbuhan kesejahteraan masyarakat.

Artikel Terkait:  Pengertian Pasar Keuangan

Berdasarkan tujuan tersebut, maka Bank di Indonesia wajib menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik berdasarkan demokrasi ekonomi.

Pada umumnya, kegiatan perekonomian dan pembangungan di Indonesia sangat erat kaitannya dengan perbankan. Maka, apabila selama ini kamu berpikir bahwa Bank bertujuan hanya untuk memperoleh laba sebesar-besarnya, maka kamu salah besar.


Jenis-Jenis Bank

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis bank, antara lain:


1. Bank Sentral

Bank Sentral merupakan bank yang tugasnya dalam menerbitkan uang kertas dan logam sebagai alat pembayaran yang sah dalam suatu negara dan mempertahankan konversi uang dimaksud terhadap emas atau perak atau keduanya.


2. Bank Umum

Bank Umum merupakan bank yang bukan saja dapat meminjamkan atau menginvestasikan berbagai jenis tabungan yang diperolehnya, tetapi juga dapat memberikan pinjaman dari menciptakan sendiri uang giral.


3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.


4. Bank Syariah

Bank Syariah merupakan bank yang beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil (sesuai kaidah ajaran islam tentang hukum riba).


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang Pengertian Bank Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan dan Jenis

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: