Pengertian Benua, Proses, Jumlah Serta Macam-Macamnya

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Benua“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengertian Benua, Proses, Jumlah Serta Macam-Macamnya

Pengertian Benua

Benua ialah daratan sangat luas yang terletak di permukaan bumi. Menurut KBBI, Benua ialah sebagai daratan yang sangat luas sehingga bagian tengah benua tersebut tidak memperoleh dampak secara langsung dari angin laut. Benua dikenalkan lebih menurut konvensi daripada tolak ukur baku. Pada Saat ini terdapat tujug Benua yang diakui keberadaannya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Benua Asia
  2. Benua Afrika
  3. Benua Amerika Utara
  4. Benua Amerika Selatan
  5. Benua Antartika
  6. Benua Eropa
  7. Benua Australia

Proses Terciptanya Benua

Menurut bukti sains dan pengkajian, awalnya bumi tercipta dengan hanya satu daratan yang sangat luas. Akan tetapi, karena pergerakan bumi dan beragam fakta geografi yang berlangsung secara berkelanjutan, benua tersebut terpisah menjadi 7 bagian daratan.

Teori mengenai penciptaan benua yang paling populer ialah  Teori Pergeseran. Teori tersebut dikemukakan oleh ilmuwan Alfred Lothar Wegener sekitar tahun 1912. Ia menyebutkan bahwa benua-benua dulu sebagai satu superbenua yang disebut Pangaea, lalu benua tersebut terpisah (sekitar 200 juta tahun yang lalu). Pisahan tersebut bergerak dan berpindah karena dampak beraga gejala selama jutaan tahun. Beberapa bukti yang membuktikan bahwa dulunya benua pernah berupa satu antara lain ialah keselarasan garis pantai antar benua yang berjauhan, fosil organisme sejenis di beberapa benua dan bentuk batuan semacam pada beberapa pantai di benua yang berbanding.

Artikel Terkait:  Pengertian Transmigrasi adalah

Jumlah Benua Di Dunia

Sesungguhnya terdapat beberapa langkah yang dipakai untuk menetapkan jumlah benua. Standard pemisahan benua tersebut banyak karena biasanya terdapat tujuh daratan yang diakui sebagai benua, hanya Antartika dan Australia yang benar-benar terpisah dari benua lain, beberapa benua tidak tentu diibaratkan menjadi “benua tersendiri”. Ada beberapa cara pembedaan benua tersebut, antara lain:

  • Model Tujuh Benua, yakni model yang umumnya dipelajari di Tiongkok, India, Filipina, Indonesia, Eropa bagian barat dan sebagian besar negara yang memakai bahasa Inggris.
  • Model Enam Benua Eurasia dikumpulkan dipakai di Rusia, Eropa Timur dan Jepang.
  • Model Enam Benua Amerika dikumpulkan dipakai di Perancis, italia, Portugal, Spanyol, Rumania, Amerika Latin, Yunani dan beberapa bagian Eropa lainnya.
  • Model Lima Benua didapat dari model enam benua dengan tanpa mencantumkan Antartika karena tidak berdampak. Model tersebut umumnya dipakai sebagai contoh dalam olimpiade.

Macam-Macam Benua Di Dunia

Berikut ini terdapat 7 macam-macam benua di dunia, yakni sebagai berikut:


1. Benua Asia

Benua asia ialah benua terbesar dengan luas sekitar 43.820.000 km persegi. Secara geografis benua asia terbagi atas lima lokasi yakni, Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Populasi penduduk pada benua tersebut yakni sekitar 4.164.252.000 Jiwa dengan konsitensi penduduk sekitar 95/km persegi.


2. Benua Afrika

Benua Afrika ialah benua kedua terbesar dengan luas sekitar 30.270.000 km persegi. Masyarakat penduduk di benua Afrika sekitar 1.020.201.229 Jiwa dengan konsitensi penduduk sekitar 33,7 per km persegi.


3. Benua Amerika Utara

Benua Amerika utara mempunyai luas daratan sekitar 24.490.000 km persegi. Masyarakat penduduknya sekitar 542.056.000 jiwa dengan konsitensi penduduk sekitar 22,1 per km persegi.

Artikel Terkait:  Faktor Pusat Pertumbuhan: Pengertian, Fungsi dan Teori

4. Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan memiliki daratan sekitar 17.840.000 km persegi. sekitar penduduknya sekitar 392.555.000 jiwa dengan konsitensi penduduk sekitar 22 per km persegi.


5. Benua Antartika

Benua Antartika mempunyai luas daratannya sekitar 13.720.000 km persegi. Masyarakat penduduknya sekitar 4.490 Jiwa dengan konsitensi penduduk sekitar 0,0003 per km persegi.


6. Benua Eropa

Benua Eropa ialah benua dengan laus daratannya sekitar 10.180.000 km persegi. Masyarakat penduduknya sekitar 738.199.000 jiwa dengan konsitensi penduduk sekitar 72,5 per km persegi.


7. Benua Australia

Benua Australia ialah benua terkecil dengan luas daratannya sekitar 9.008.500 km persegi. Masyarakat penduduknya sekitar 29.127.000 jiwa dengan konsitensi penduduk sekitar 3,2 per km persegi.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Pengertian Benua, Proses, Jumlah Serta Macam-Macamnya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: