Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sosiologi yaitu Tentang “Interaksi Sosial“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah kekerabatan timbal balikdalam kehidupan manusia, baik antara orang perorang, orang dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok. Karena itu interaksi sosial sanggup diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis.


Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian para ahli tentang interaksi sosial, antara lain:


  1. Menurut Gilin

Hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu lain atau dengan kelompok atau hubungan antar kelompok. Hubungan ini tercipta karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain.


  1. Menurut Macionis

Hubungan aksi dan reaksi seseorang dalam hubungannya dengan individu atau kelompok lain.


  1. Menurut Broom dan Selznic

Interaksi sosial merupakan proses yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan seseorang tersebut memerlukan respon terhadap tindakan orang lain.


  1. Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack

Mengartikan pengertian interaksi sosial sebagai hubungan sosial antara individu dengan perorangan atau kelompok atau hubungan kelompok dengan kelompok secara dinamis.


  1. Menurut Homans

Pengertian interaksi sosial menurut Homans adalah proses kehidupan dimana aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain akan diberikan respon yag bisa berupa ganjaran atau hukuman dari orang lain.

Artikel Terkait:  Kekerasan: Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampak

  1. Menurut Bonner

Interaksi sosial menurut Bonner adalah hubungan antara dua orang atau lebih yang aksi dari individu dapat mempengaruhi / mengubah kehidupan individu lain.


  1. Menurut Walgito

Adanya hubungan timbal balik dalam interaksi sosial dapat memberikan pengaruh terhadap individu atau kelompok lain. Interaksi sosial juga berpengaruh terhadap kelompok dengan kelompok lain yang saling berhubungan.


  1. Menurut Soerjono Soekanto

Interaksi sosial adalah proses sosial yang berkaitan dengan cara berhubungan antara individu dan kelompok untuk membangun sistem dalam hubungan sosial.


  1. Menurut Murdiyatmo dan Handayani

Interaksi sosial sebagai hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangun struktur sosial. Pada struktur sosial tersebut juga terbangun hubungan yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.


  1. Menurut Herbert Blumer

Interaksi sosial adalah pada ketika insan bertindak terhadap sesuatu atas dasar makna yang dimiliki sesuatu tersebut bagi manusia. Kemudian makna yang dimiliki sesuatu itu berasal dari interaksi antara seseorang dengan sesamanya. Dan terakhir ialah Makna tidak bersifat tetap namun sanggup dirubah, perubahan terhadap makna sanggup terjadi melalui proses penafsiran yang dilakukan orang ketika menjumpai sesuatu. Proses tersebut disebut juga dengan interpretative process.


  1. Menurut Arnold W. Green

Interaksi sosial adalah sebagai aktifitas yang saling mempengaruhi antar individu/kelompok dalam upayanya untuk memecahkan permasalahan dan merangkainya untuk mewujudkan tujuan-tujuan. Sebagai pola Indonesia terdiri atas masyarakat yang kompleks dari segi budaya, golongan dan agama.

Dengan adanya interaksi sosial, keharmonisan di dalam masyarakat sanggup diciptakan. Interaksi ini ada yang tersturktur adapula yang tidak tersturktur. Interaksi terstruktur yakni pola kekerabatan yang telah mempunyai aturan-aturan khusus, mirip di pengadilan, interaksi antara hakim dan pengacara sudah ada aturan-aturannya.

Artikel Terkait:  Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis dan Contoh

Sedangkan interaksi yang tidak terstruktur yakni interaksi yang terjadi di lapangan atau kehidupan sehari-hari yang tidak ada hukum bakunya. Interaksi sosial sanggup terjadi antar orang perorangan, orang-perorangan dengan kelompok insan maupun kelompok insan dengan kelompok insan lainnya.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sosiologi Tentang 11 Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: