23 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sosiologi yaitu Tentang “Masyarakat“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

23 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 23 pengertian masyarakat menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm

Beliau berpendapat bahwa pengertian masyarakat ialah sejumlah besar orang-orang yang bertempat tinggal dalam satu wilayah yang sama, relatif independen serta sejumlah orang di luar wilayah tersebut, dan mempunyai budaya yang relatif sama.


2. Menurut John J. Macionis

Pengertian masyarakat merupakan sejumlah orang-orang yang berinteraksi di dalam wilayah tertentu serta mempunyai budaya bersama.


3. Menurut Wikipedia

Masyarakat ialah sekelompok individu yang mempunyai kepentingan bersama serta mempunyai budaya dan lembaga yang khas. Masyarakat dapat disebut sebagai sekelompok orang yang terorganisasi dan mempunyai tujuan bersama.


4. Menurut Adam Smith

Masyarakat dapat terdiri atas jenis-jenis manusia yang berbeda-beda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula, yang terbentuk serta dilihat dari segi fungsi tidak dari rasa cinta dan sejenisnya, dan hanya ada rasa untuk saling menjaga satu sama lain supaya tidak saling menyakiti.

Artikel Terkait:  Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

5. Menurut An-Nabhani

Pengertian masyarakat merupakan sekelompok individu yang mempunyai pemikiran perasaan, dan aturan yang sama, serta dapat terjadi interaksi antar sesama karena adanya kesamaan untuk kebaikan masyarakat dan warga masyarakat itu sendiri.


6. Menurut Linton

Masyarakat ialah sekelompok manusia yang sudah lama tinggal dan bekerja sama sehingga akhirnya terbentuk organisasi guna mengatur diri sendiri serta berpikir mengenai dirinya sebagai satu kesatuan sosial yang masih dengan batasan tertentu.


7. Menurut M. J. Heskovits

Masyarakat ialah kelompok individu yang mengorganisasikan, mengikuti, dan mengatur cara hidup tertentu.


8. Menurut S. R. Steinmentz

Masyarakat dapat disebut sebagai kelompok manusia yang besar dan meliputi pengelompokan manusia yang lebih kecil yang memiliki perhubungan yang teratur dan erat.


9. Menurut J. L Gillin

Masyarakat dapat disebut sebagai sebuah kelompok manusia yang cakupannya tersebar dan mempunyai kebiasaan, sikap, perasaan persatuan, dan tradisi yang sama.


10. Menurut Mack Ever

Masyarakat dapat disebut sebagai sistem atau aturan dari prosedur, otoritas, serta bertujuan untuk saling bantu-membantu yang diantaranya meliputi kelompok dan pembagian sosial, sistem pengawasan dari tingkah laku tiap individu dan kebebasan. Aturan yang kompleks serta selalu berubah dari relasi sosial.


11. Menurut Selo Soemardjan

Masyarakat yaitu sekumpulan orang yang telah hidup bersama serta dapat menghasilkan kebudayaan.


12. Menurut Max Weber

Masyarakat ialah tatanan atau struktur yang pada pokoknya sudah ditentukan oleh suatu harapan serta berbagai nilai yang dominan pada warganya.


13. Menurut Soerjono Soekanto

Masyarakat biasanya memiliki ciri-ciri, antara lain:

    • Manusia yang hidup secara bersama-sama dan paling tidak terdiri dari 2 orang.
    • Hidup dan bergaul dengan kurun waktu lama. Berkumpulnya manusia tersebut dapat menimbulkan manusia baru. Karena dari hidup bersama dalam jangka waktu lama tersebut, kemudian timbul sistem komunikasi serta peraturan yang bertujuan untuk mengatur hubungan antar manusia.
    • Sadar bahwasannya mereka adalah satu kesatuan.
  • Merupakan sistem atau aturan hidup bersama. Sistem dari kehidupan bersama kemudian akan menimbulkan kebudayaan, hal ini karena mereka merasa bahwa dirinya tersebut terkait satu sama lain.
Artikel Terkait:  Nilai dan Norma Sosial

14. Menurut Emile Durkheim

Masyarakat ialah suatu kenyataan objektif untuk tiap-tiap individu dimana ia adalah anggotanya.


15. Menurut Karl Marx

Masyarakat sebagai struktur atau tatanan yang menderita ketegangan organisasi maupun perkembangan disebabkan adanya pertentangan antara berbagai kelompok yang terpecah secara ekonomis.


16. Menurut Ensiklopedi Indonesia

Masyarakat dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Bentuk tertentu dari suatu kelompok sosial yang berdasarkan rasional yang diterjemahkan sebagai masyarakat patembayan, lalu adanya kelompok sosial lainnya yang masih berasaskan ikatan naluri kekeluargaan atau dapat disebutu masyarakat Paguyuban.
  • Merupakan keseluruhan masyarakat manusia yang didalamnya meliputi seluruh kehidupan bersama.
  • Menunjukkan tatanan kemasyarakatan dengan memiliki ciri sendiri atau identitas serta sebuah otonomi seperti masyarakat barat, ataupun masyarakat pedalaman atau primitif dimana suku tersebut belum berhubungan dengan dunia sekitar.

17. Menurut Wilkinson

Masyarakat dapat diartikan sebagai suatu kelompok manusia yang secara bersama-sama hidup dan tinggal di wilayah yang sama dengan batasan wilayah yang bias.


18. Menurut Thomas Hobber

Masyarakat dapat disebut sebagai komunitas yaitu proses alamiah dimana sekelompok orang hidup bersama guna memaksimalkan kepentingan mereka, dan kepentingan diri tiap individu dapat diperolah dalam sebuah kelompok tersebut.


19. Menurut Marrion Levy

Terdapat 4 kriteria ciri-ciri suatu kelompok agar dapat disebut masyarakat, antara lain:

  • Kemampuan untuk bertahan yang melebihi dari masa hidup salah seorang anggotanya.
  • Perekrutan sebagian atau seluruh anggotanya dengan cara melalui reproduksi atau kelahiran.
  • Terdapat sistem tindakan utama yang memiliki sifat swasembada.
  • Adanya kesetiaan terhadap sistem tindakan utama dengan bersama-sama.

20. Menurut Parsons

Masyarakat merupakan sebagai suatu jenis sistem sosial yang dicirikan oleh fase-fase kecukupan diri yang relatif bagi lingkungannya, termasuk sistem sosial yang lain.

Artikel Terkait:  Pengertian Lembaga Pendidikan

21. Menurut Syani

Masyarakat merupakan sebagai kelompok yang bisa dilihat dari dua sudut pandang; pertama memandang kelompok sebagai unsur statis, artinya community terbentuk dalam suatu kawasan dengan batas-batas tertentu, maka ia menunjukkan bagian dari kesatuan masyarakat sehingga ia dapat pula disebut sebagai masyarakat setempat, seperti kampung, dusun ataupun kota-kota kecil.


22. Menurut Koentjaraningrat

Masyarakat merupakan suatu kesatuan hidup manusia yang berhubungan sesuai dengan sistem adat istiadat tertentu yang bentuknya berkesinambungan dan terhubung oleh suatu rasa identitas bersama.


23. Menurut Paul B. Horton

Masyarakat merupakan suatu sekumpuan manusia yang relatif mandiri dengan bersama dalam jangka waktu cukup lama, mendiami suatu kawasan  tertentu dengan mempunyai kebudayaan yang sama dan sebagian besar aktivitas dalam kelompok itu.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sosiologi Tentang 23 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: