Pengertian NATO, Sejarah, Anggota Serta Tujuannya

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sejarah yaitu Tentang “NATO“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengertian NATO, Sejarah, Anggota Serta Tujuannya

Pengertian NATO

NATO ialah badan internasional utuk keamanan dan keselamatan bersama yang didirikan sekitar tahun 1949 berupa bentuk bantuan mengenai kesepakatan Atlantik Utara yang dteken di Washington, DC pada tanggal 4 April 1949.


Sejarah NATO

Dalam Perang Dunia II, Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis yang beropini demokrasi liberal bersatu dengan Uni Soviet yang berideologi komunis dalam blok Sekutu. Sesungguhnya, demokrasi liberal dan komunisme ialah dua ideologi yang saling berseberangan pendapat, akan tetapi dalam Perang Dunia II dari blok sentral dan blok sekutu bersatu karena mempunyai musuh yang sama yakni fasisme.

Sesudah musuh bersama tersebut dapat dikalahkan, keduanya bersangkutan dalam antagonisme kembali. Antagonisme tersebut akhirnya mengakibatkan dua blok, yakni Blok Barat (Amerika Serikat) dan Blok Timur (Uni Soviet) dan dikenal dengan sebutan Perang Dingin.

Lembaga NATO terbentuk berupa bagian dari perang dingin yang berlangsung antara Blok Barat dan Blok Timur. NATO ialah lembaga teritorial yang menggaris bawahi perhatian dalam bidang pertahanan negara-negara Atlantik Utara.

NATO didirikan dampak makin mengembangnya pengaruh dari negara Uni Soviet dengan komunismenya di Eropa Barat dam melonjaknya kegentingan dan rivalitas negara super power yakni Amerika Serikat ( Blok Barat) dan Uni Soviet (Blok Timur) sesudah berakhirnya Perang Dunia II.

Untuk menghalangi dampak ideologi komunis tersebut, maka negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Belgia, Luxemburg, Italia, Norwegia, Denmark, Islandia, dan Portugal mengesahkan dokumen Perjanjian Atlantik Utara pada tanggal 4 April 1949 di Brussels, Belgia.

Artikel Terkait:  Pendudukan Jepang

Anggota NATO

Berikut ini terdapat beberapa anggota peserta negara-negara pada NATO, yakni sebagai berikut:

  1. Amerika Serikat
  2. Italia
  3. Kanada
  4. Luksemburg
  5. Norwegia
  6. Belgia
  7. Inggris
  8. Perancis
  9. Portugal
  10. Belanda
  11. Denmark
  12. Islandia
  13. Republik Ceko
  14. Polandia
  15. Hungaria
  16. Bulgaria
  17. Estonia
  18. Latvia
  19. Lituania
  20. Rumania
  21. Slovakia
  22. Slovenia
  23. Albania
  24. Kroasia
  25. Montenegro
  26. Yunani
  27. Turki
  28. Jerman
  29. Spanyol

Tujuan NATO

Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari NATO, yakni sebagai berikut:

  • Membereskan sengketa secara damai.
  • Menghindari pemakaian kekuatan militer dalam aliansi internasional.
  • Menghapuskan sengketa politik ekonomi internasional.
  • Mengembangkan persekutuan ekonomi di antara negara-negara NATO.
  • Mempertahankan negara anggota dengan asas bahwa agresi mengenai satu anggota berarti serangan mengenai semua anggota NATO.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sejarah Tentang Pengertian NATO, Sejarah, Anggota Serta Tujuannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: