Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Pemasaran“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah suatu rangkaian proses kegiatan yang tak hanya mencakup penjualan terhadap barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan jasa, dimana kegiatan tersebut hanya berorientasi pada masalah penjualan akan tetapi jauh lebih mendalam dari itu kegiatan pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan pada waktu sebelum maupun sesudah kegiatan penjualan barang atau jasa terjadi, dengan proses yang dilakukan sejak mulai direncanakannya produk tersebut sampai dengan cara penyampaian produk pada pelanggan.


Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian dari para ahli tentang pemasaran, antara lain:


  1. Menurut William J. Stanton

Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, dan mendistribusikannya kepada konsumen dan bisa memuaskan konsumen.


  1. Menurut Kotler & Amstrong

Pemasaran merupakan sebuah proses managerial yang orang-orang didalamnya mendapatkan apa yang mereka inginkan & butuhkan melalui penciptaan & pertukaran produk-produk yang ditawarkan & nilai produknya kepada orang lain.


  1. Menurut Philp Kotler

Suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui proses pertukaran.

Artikel Terkait:  Materi Negara Maju dan Berkembang

  1. Menurut Philip & Duncan

Pemasaran merupakan sesuatu yang terdiri dari segala langkah yang digunakan untuk menempatkan barang yang dijualbelikan ke tangan pembeli atau konsumen.


  1. Menurut Wikipedia

Dalam wikipedia menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses penyusunan komunikasi yang terpadu & tujuannya untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang diperjualbelikan yang kaitannya untuk memuaskan keinginan & kebutuhan masyarakat.


  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Th.2008

Pemasaran ialah proses; cara; perbuatan dalam memasarkan barang dagangan; perihal menyebarluaskan di tengah-tenganh masyarakat pada umumnya.


  1. Menurut Firdaus

Firdaus mengatakan pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang seperti halnya pengusaha guna mempertahankan kelangsung hidup serta memenuhi kebutuhan dan juga mendapatkan laba (keuntungan).


  1. Menurut Hair dan Mc. Daniel

Marketing is the process of planning and executing the conception, pricing promotional and distribution of ideas, goods and service to create exchanges that satisty individual and organizational objectives.


  1. Menurut Basu dan Hani

Pendapat lain juga dikemukakan oleh dua tokoh diatas mengenai pengertian pemasaran yang meliputi dari proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga dari barang dan jasa tersebut hingga proses promosi maupun pendistribusiannya yang keseluruhannya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh keuntungan dari proses pemasaran tersebut.


  1. Menurut Swasta

Dalam sebuah buku terbitan Swasta juga dirujuk definisi pemasaran yang juga mengarah ke sebuah aktivitas pemenuhan kebutuhan (pemuas kebutuhan) baik dari penjual dan pembeli yang keduanya melakukan serankaian proses baik tawar menawar maupun tukar menukar dengan maksud mengadakan hubungan untuk mendapatkan keuntungan demi memenuhi kebutuhan.


  1. Menurut Assauri

Merujuk pada pengertian manajemen pemasaran yang bisa dikatakan mememiliki proses yang lebih komplek karena tentunya terdapat perencanaan dan evaluasi, sebuah pemasaran juga dapat dikatakan demikian karena juga mencangkun hal perencanaan, pelaksanaan, serta distribusi baik dalam hal pertukaran maupun hubungan yang cenderung kearah keuntungan demi dapat memenuhi kebutuhan.

Artikel Terkait:  Pengertian Saham Menurut Para Ahli, Jenis, Manfaat, Resiko dan Harga

  1. Menurut Boyd, dkk (2000:4)

Pemasaran adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain.


  1. Menurut Downey (2002:3)

Pemasaran didefenisikan sebagai telah terhadap aliran produk secara fisik dan ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara sampai ke tangan konsumen.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang 13 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: