Materi Penyimpangan Sosial

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sosiologi yaitu Tentang “Penyimpangan Sosial“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Penyimpangan Sosial

Pengertian Penyimpangan Sosial

Penyimpangan Sosial ialah perbuatan atau perilaku yang melanggar, berpolemik, beralih arah ataupun tidak sesuai dengan norma, kaidah maupun keinginan lingkungan masyarakat.


Ciri-Ciri Penyimpangan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri penyimpangan sosial, antara lain:


  • Penyimpangan harus Bisa Didefinisikan

Tingkah laku dikatakan menyimpang atau tidak harus bisa dinilai berdasarkan kriteria tertentu dan diketahui penyebabnya.


  • Penyimpangan Dapat Diterima Dapat juga Ditolak

Tingkah laku menyimpang tidak selamanya negatif, adakalanya penyimpangan bisa diterima masyarakat, misalnya wanita karier. Adapun pembunuhan dan perampokan merupakan penyimpangan sosial yang ditolak masyarakat.


  • Penyimpangan Relatif dan Penyimpangan Mutlak

Semua orang pernah menjalankan penyimpangan sosial, tetapi pada batas-batas tertentu yang bersifat relatif untuk semua orang. Dikatakan relatif karena perbedaannya hanya pada frekuensi dan kadar penyimpangan. Jadi secara umum, penyimpangan yang dilakukan setiap orang cenderung relatif. Bahkan orang yang telah melakukan penyimpangan mutlak lambat laun harus berkompromi dengan lingkungannya.

Artikel Terkait:  18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

  • Penyimpangan Mengenai Budaya Nyata atau Budaya Ideal

Budaya ideal ialah segenap peraturan hukum yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat. Akan tetapi pada kenyataannya tidak ada seorang pun yang patuh terhadap segenap peraturan resmi tersebut karena antara budaya nyata dengan budaya ideal selalu terjadi kesenjangan. Artinya, peraturan yang telah menjadi pengetahuan umum dalam kenyataan kehidupan sehari-hari cenderung banyak dilanggar.


  • Diperoleh Kaidah-Kaidah Penghindaran dalam Penyimpangan

Norma penghindaran ialah pola perbuatan yang dilakukan orang untuk memenuhi keinginan mereka, tanpa harus menentang nilai-nilai tata kelakukan secara terbuka.Jadi norma-norma penghindaran merupakan bentuk penyimpangan perilaku yang bersifat setengah melembaga.


  • Penyimpangan Sosial Bersifat Adaptif

Penyimpangan sosial tidak selamanya menjadi ancaman karena kadang-kadang dapat dianggap sebagai alat pemikiran stabilitas sosial.


Jenis-Jenis Penyimpangan sosial

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis penyimpangan sosial, antara lain:


  1. Penyimpangan Seksual

Penyimpangan seksual ialah tingkah laku seksual yang tidak lazim dijalankan.


  1. Penyalahgunaan Narkotika

Penggunaan narkotika di bidang kedokteran, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan bisa memberikan manfaat bagi manusia. Sebaliknya apabila narkotika dipakai tidak sesuai dengan kaidah agama dan masyarakat maka akan menyebabkan tingkah laku menyimpang.


  1. Perkelahian Pelajar

Perkelahian pelajar ataupun tawuran selalu diawali dengan adanya suatu pertikaian antara dua pelajar ataupun lebih yang berlainan sekolah. Perkelahian pelajar atau tawuran menjadi suatu masalah yang serius karena peserta tawuran cenderung mengabaikan kaidah-kaidah yang ada, membabi buta, melibatkan korban yang tak bersalah dan merusak apa saja yang ada di sekitarnya.

Dampaknya tawuran mendatangkan bentuk penyimpangan lain seperti perusakan, penganiayaan dan bahkan pembunuhan.


  1. Alkoholisme

Minuman alkohol memiliki efek negatif terhadap saraf. Alkohol dapat mengakibatkan mabuk dan tidak dapat berpikir secara normal. Akibatnya seorang pemabuk mudah melakukan tindakan yang tidak terkendali baik secara fisik, sosial, maupun psikologis sehingga merugikan dirinya maupun orang lain. penyimpangan lain seperti perusakan, penganiayaan, dan bahkan pembunuhan.

Artikel Terkait:  Kekerasan: Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampak

  1. Perbuatan Kriminal atau Perbuatan Kejahatan

Perbuatan kriminal ialah pencurian, pemerkosaan, dan perampokan. Tindak kejahatan mencakup pula semua kegiatan yang dapat mengganggu keamanan dan kestabilan negara seperti korupsi, makar, subversi dan terorisme.

Perbuatan kejahatan ialah suatu bentuk pelanggaran norma hukum, khususnya yang menyangkut pidana dan perdata yang pada dasarnya ialah perbuatan yang merugikan orang lain.


Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa bentuk-bentuk penyimpangan sosial, antara lain:


1. Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, didapat beberapa bagian, antara lain sebagai berikut:


  • Penyimpangan Bersifat Positif

Penyimpangan bersifat positif ialah penyimpangan yang mempunyai dampak positif terhadap sistem sosial karena mengandung unsur-unsur inovatif, kreatif, dan memperkaya wawasan seseorang.


  • Penyimpangan Bersifat Negatif

Penyimpangan bersifat negatif ialah penyimpangan yang bertindak ke arah nilai-nilai sosial yang dianggap rendah dan selalu mengakibatkan hal yang buruk.


2. Berdasarkan Pelakunya

Berdasarkan pelakunya, terdapat beberapa bagian, antara lain sebagai berikut:


  • Penyimpangan Individual

Penyimpangan individual ialah tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang menyimpang darinorma-norma suatu kebudayaan yang telah mapan.


  • Penyimpangan Kelompok

Penyimpangan kelompok ialah tindakan sekelompok orang yang beraksi secara kolektif dengan cara yang bertentangan dengan norma-norma masyarakat.


Faktor yang Mempengaruhi Penyimpangan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penyimpangan sosial, antara lain:


  1. Ketidaksanggupan Menyerap Kaidah-Kaidah Budaya

Seseorang yang tidak sanggup menyerap kaidah-kaidah budaya ke dalam kepribadiannya, ia tidak dapat membedakan hal yang pantas dan tidak pantas. Keadaan itu terjadi akibat dari proses sosialisasi yang tidak sempurna, misalnya karena seseorang tumbuh dalam keluarga yang retak.


  1. Proses Belajar yang Menyimpang

Seseorang yang menjalankan berbuatan menyimpang karena seringnya membaca ataupun melihat tayangan tentang perilaku menyimpang. Kondisi tersebut ialah bentuk perilaku menyimpang yang disebabkan karena proses belajar yang menyimpang.

Artikel Terkait:  Pengertian Kepribadian

  1. Kegentingan antara Kebudayaan dan Struktur sosial

Terjadinya kegentingan antara kebudayaan dan struktur sosial dapat menimbulkan tingkah laku yang menyimpang. Keadaan tersebut terjadi apabila dalam upaya mencapai suatu tujuan seseorang tidak memperoleh peluang, sehingga ia mengupayakan peluang itu sendiri, maka terjadilah perilaku menyimpang.


  1. Hubungan Sosial yang Berlainan

Setiap orang umumnya berhubungan dengan beberapa kelompok. Ketika pergaulan tersebut memiliki bentuk-bentuk tingkah laku yang menyimpang, maka kemungkinan ia juga akan mencontoh bentuk-bentuk tingkah laku menyimpang.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sosiologi Tentang Pengertian Penyimpangan Sosial, Ciri, Jenis, Bentuk dan Faktor

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: