Profil Negara Asia Timur

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Asia Timur“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Profil-Negara-Asia-Timur

Asia Timur

Asia Timur

Asia Timur adalah sub-wilayah di Benua Asia. Luas Asia Timur sekitar 6.640.000 km². Kawasan Asia Timur merupakan kawasan yang menurut banyak orang sungguh luar biasa.Dalam bidang ekonomi, militer, dan lain-lain di kawasan ini cukup maju. Kekuatan ekonomi salah satu negara di Asia Timur yaitu, China menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia dan telah menyalip Amerika Serikat. Populasi Asia Timur 1,575,784,500 dan kepadatannya 133 / km

Asia Timur memiliki wilayah yang begitu luas yaitu hampir mencapai 12 juta kilometer persegi atau sekitar 4,5 mil persegi dengan total jumlah populasi mencapai lebih dari 1,6 juta jiwa atau sekitar 22% dari jumlah populasi dunia.

Saat ini wilayah Asia Timur memiliki peranan yang sangat penting bagi dunia, khususnya dalam sisi perekonomian. Jepang, Korea Selatan dan China merupakan tiga negara diwilayah Asia Timur yang merupakan anggota dari G20 dimana negara-negara tersebut memiliki pendapatan negara yang begitu besar.


Nama Negara Di Asia Timur Beserta Ibukotanya

Berikut ini terdapat beberapa nama negara di asia timur beserta ibukotanya, yaitu sebagai berikut:

Negara Luas km² Populasi Kepadatan Populasi
per km²
IPM (2011) Ibu kota
China 9.596.961 1.339.724.852 138 0,687 Beijing
Hong Kong 1.104 7.061.200 6.390 0,898 Hong Kong
Makau (RRT) 30 556.800 18.662 Tidak ada data Macau
Taiwan 36.188 23.174.528 639 0,882 Taipei
Jepang 377.930 127.950.000 337 0,901 Tokyo
Korea Selatan 99.828 48.988.833 500 0,897 Seoul
Korea Utara 120.538 24.346.000 198 Tidak ada data Pyongyang
Mongolia 1.564.100 2.809.600 2 0,653 Ulan Bator

  1. China

China

Cina ibu kotanya Beijing, Bahasa resmi Mandarin, wilayah total 9.596.960 km² Air 2,8%, dengan jumlah penduduk 1.298.847.624 jiwa. Cina merupakan peradaban tertua di dunia yang masih ada hingga kini. Cina memiliki sistem penulisan yang konsisten sejak dahulu dan masih digunakan hingga kini.Banyak penemuan-penemuan penting bersumber dari peradaban Cina kuno, seperti kertas, kompas, serbuk mesiu, dan materi-materi cetak.

Cina adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis yang dikenal sebagai China / Cina Sejak didirikan pada 1949, RRC telah dipimpin oleh Partai Komunis Cina (PKC). Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan- perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan.

Secara politik, ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai RRC adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi melebihi1,3 milyar jiwa, yang mayoritas merupakan bersuku bangsa Han. RRC juga adalah Negara terbesar di Asia Timur, dan ketiga terluas di dunia, setelah Rusia dan Kanada. RRC berbatasan dengan 14 negara: Afghanistan, Bhutan, Myanmar, India,  Kazakhstan, Kirgizia, Korea Utara, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan dan Vietnam


  1. Jepang

Jepang

Jepang adalah sebuah negara di Asia Timur yang terletak di suatu rantai kepulauan benua Asia di ujung barat Samudra Pasifik. Dengan luas wilayah 377.837 km² air 0,8%, dengan ibu kota Tokyo. Orang Jepang merupakan sebuah masyarakat yang  homogen dari segi suku dan bahasa, masyarakat Jepang secara etnis dan bahasa (linguistik) adalah homogen, dengan sedikit penduduk asing yang kebanyakan dari Korea Utara dan Selatan (1 juta), Okinawa (1,5 juta), China dan Taiwan (0,5 juta), Malaysia (0,5 juta), Filipina (0,5 juta), dan Brazil (250,000), termasuk juga minoritas suku asli Ainu  di Hokkaido. 99% penduduk bertutur bahasa Jepang sebagai bahasa ibu.


  1. Korea Selatan

Korea Selatan

Luas Korea Selatan memiliki luas 99.274 km², lebih kecil dibanding Korea Utara. Keadaan topografinya sebagian besar bergunung-gunung dan tidak rata. Pegunungan di wilayah timur umumnya menjadi hulu sungai-sungai besar, seperti sungai Han dan sungai Naktong. Sementara wilayah barat merupakan bagian rendah yang terdiri dari daratan pantai yang berlumpur. Di wilayah barat dan selatan yang terdapat banyak teluk terdapat banyak pelabuhan yang baik seperti Incheon, Yeosu, Gimhae, dan Busan.


  1. Korea Utara

Korea Utara

Republik Demokratik Rakyat Korea, lebih dikenal sebagai Korea Utara, adalah sebuah negara di bagian timur benua Asia, mencakupi bagian utara Semenanjung Korea. Korea Utara berbatasan dengan Korea Selatan di sebelah selatan; dengan Republik Rakyat Cina dan sedikit wilayah Rusia di bagian utara. Penduduk setempat menyebut negara ini Pukchosn.


  1. Taiwan

Taiwan

Taiwan adalah suatu propinsi Tiongkok yang terdiri dari kepulauan, terletak di pinggir tenggara landasan benua Tiongkok. Propinsi Taiwan terdiri dari sekitar 80 pulau antara lain pulau Taiwan dan pulau-pulau di sekitarnya serta kepulauan Penghu. Luas total daratnya sekitar 36 ribu kilometer persegi. Di sebelah utara Taiwan adalah laut Timur, di sebelah timur lautnya adalah kepulauan Liuqiu, di sebelah timurnya Lautan Pasifik, di sebelah selatannya Teluk Bashi, dan bertetangga dengan Filipina.

Di sebelah baratnya berhadapan dengan Propinsi Fujian dengan terpisah oleh Selat Taiwan, jarak paling dekat dengan daratan Tiongkok hanya 130 kilometer. Propinsi Taiwan terletak di pusat jalur pelayaran Pasifik Barat, letak strategisnya sangat penting. Luas pulau Taiwan merupakan 97% ke atas luas seluruh propinsi,merupakan pulau besar nomor satu di Tiongkok. Di pulau tersebut terdapat  banyak gunung, 2 pertiga luas pulau tesebut adalah gunung dan perbukitan ,luas datarannya tidak sampai sepertiga.


  1. Mongolia

Mongolia

Mongolia Luasnya: 1.565.000 km2 Ibu, Kota : Ulan Bator Berbatasan dengan negara-negara persemakmuran di sebelah utara dan Cina di sebelah selatan, Mongolia merupakan suatu dataran terpencil dengan pegunungan tinggi yang menakjubkan, danau besar, padang gurun dan padang rumput berbukit luas, ribuan mil jauhnya dari kepulauan lainnya.


  1. Hong Kong

Hong Kong

Hong Kong (Mandarin: resminya Daerah Administratif  Khusus Hong Kong) merupakan satu dari dua Daerah Administratif Khusus yang merupakan bagian dari negara Republik Rakyat Cina, satunya lagi adalah Makau Pada tanggal 1 Juli 1997, daerah ini secara resmi diserahkan oleh pemerintah Britania Raya kepada Republik Rakyat Cina. Sebelum diserahkan pada tahun 1997, Hong Kong adalah koloni BritaniaRaya.

Di bawah kebijakan Satu Negara Dua Sistem ciptaan Deng Xiaoping, HongKong menikmati otonomi dari pemerintah RRC seperti pada sistem hukum, matauang, bea cukai, imigrasi, peraturan jalan yang tetap berjalan di jalur kiri. Urusan yang ditangani oleh Beijing adalah pertahanan nasional dan hubungan diplomatik . Otonomi ini berlaku di Hong Kong (minimal) untuk 50 tahun dihitung dari tahun1997. Jadi sampai saat ini Hongkong telah bergabung dengan Cina kembali.


  1. Macau

Macau

Makau terletak pada 70 km sebelah barat daya Hong Kong  dan 145 km dari Guangzhou. Ia adalah koloni Eropa tertua di Cina, sejak abad ke-16. Pemerintahan Portugal menyerahkan kedaulatan terhadap Makau kepada Republik Rakyat Cina (RRC) pada 1999, dan Makau kini merupakan sebuah Daerah Administratif Khusus Cina. Penduduk Makau kebanyakan bertutur dalam Bahasa Kantonis; selain itu, Bahasa Mandarin, Bahasa Portugis dan Bahasa Inggris juga digunakan.

Artikel Terkait:  4 Susunan Lapisan Matahari Beserta Penjelasan Secara Lengkap

Iklim Asia Timur

Berikut ini terdapat beberapa iklim di asia timur, terdiri atas:


  • Iklim Subtropis

Iklim Sub Tropis mempunyai empat musim:

  1. Musim semi
  2. Musim panas
  3. Musim gugur
  4. Musim dingin

Ciri-ciri iklim subtropis:

  • Pada musim panas radiasi panas besar, sedangkan pada musim dingin radiasi panas kecil sekali
  • Jam siang musim panas lebih lama dari pada jam malam, sebaliknya pada musim dingin jam siang lebih pendek dari pada jam malam
  • Akumulasi panas pada musim panas lebih kurang ¾ waktu musim panas, begitu sebaliknya pada musim dingin
  • Pada waktu musim dingin hujan salju, kelembaban rendah
  • Pada musim-musim tertentu disertai angin dataran yang cukup kencang
  • Pada belahan utara sinar matahari selalu berada di selatan dan pada musim dingin kadang-kadang matahari tidak muncul. Strategi untuk bangunanRuangan-ruangan dibantu pemanasannya dengan jendela-jendela kaca menghadap selatan untuk menangkap panas. Kadang-kadang pada musim dingin dibantu dengan pemanasan listrik dan perapian di dalam ruangan.

  • Iklim gurun

Mengikut skim pengelasan iklim Koppen, iklim gurun (BWhBWkBWn), juga dipanggik iklim gersang, ialah sejenis iklim yang bersuhu sederhana dan mengalami curahan hujan yang terlalu sedikit untuk menampung tumbuh-tumbuhan, jika ada pun cuma pokok renek yang jarang. Kawasan-kawasan yang mengalami iklim ini memang selalunya merupakan gurun.

Kawasan yang beriklim gurun biasanya mengalami kurang dari pada 250 mm (10 inci) curahan hujan setahun, apatah lagi ada tahun-tahun yang setitis kerpasan pun tidak turun. Sekali-sekala, kawasan beriklim gurun boleh menerima kerpasan melebihi 250 mm setahun; tetapi masih dikira sebagai beriklim gurun kerana air lebih cepat terlesap kesan penyejat peluhan berbanding turun sebagai kerpasan. Umumnya terdapat tiga variasi iklim gurun, iaitu iklim gurun panas (BWh), iklim gurun sejuk (BWk) dan iklim gurun sederhana (adakalanya berlabel BWn).


Kondisi Sosial Ekonomi Asia Timur

Berikut ini terdapat beberapa kondisi sosial ekonomi asia timur, yaitu sebagai berikut:


1. China


  1. Kondisi Penduduk

Secara resmi RRC memandang dirinya sendiri sebagai bangsa multi-etnis dengan 56 etnisitas yang diakui. Mayoritas etnis Han menyusun hampir 93% populasi; bagaimanapun merupakan mayoritas dalam hanya hampir setengah daerah Cina. Penduduk bangsa Han sendiri heterogen, dan bisa dianggap sebagai kumpulan berbagai etnik yang mengamalkan budaya dan bercakap bahasa yang sama. Kebanyakan suku Han bertutur macam- macambahasa Cina yang diucapkan, yang bisa dilihat sebagai 1 bahasa atau keluarga bahasa.

Subdivisi terbesar bahasa Cina yang diucapkan ialah bahasa Mandarin, dengan lebih banyak  pembicara dari pada bahasa lainnya di dunia. Versi standar Mandarin yang didasarkan pada dialek Beijing, dikenal sebagai Putonghua , diajarkan di sekolah dan digunakan sebagai bahasa resmi di seluruh negara. Revolusi Komunis di negara ini sejak tahun 1949 meninggalkan kesan yang besar yaitu hampir 59% penduduknya (lebih kurang 767 juta orang) menjadi Ateis atau tidak percaya Tuhan. Namun lebih kurang 33% dari mereka percaya kepada kepercayaan tradisi atau gabungan kepercayaan Buddha dan Taoisme Penganut agama terbesar di negara ini ialah Buddha Mahayana yang berjumlah100 juta orang.

Di samping itu, Buddha Therawada dan Buddha Tibet juga diamalkan oleh golongan minoritas etnis di perbatasan barat laut negara ini. Selain itu diperkirakan terdapat 18 juta penduduk  Islam (kebanyakan Sunni) dan 14 juta Kristen (4 juta Katolik dan 10 juta Protestan) di negara ini. Negara ini telah lama mengalami masalah pertumbuhan penduduk. Dalam usaha membatasi perkembangan populasinya, RRC telah mengambil kebijakan yang membatasi keluarga di perkotaan (etnis minoritas seperti Tibet dikecualikan) menjadi 1 anak dan keluarga di pedalaman 2 anak saat yang pertama wanita.

Karena lelaki dianggap lebih bernilai ekonomis di daerah pedesaan, munculla ihinsiden tinggi mengenai aborsi selektif jenis kelamin dan penolakan anak di daerah pedesaan buat memastikan bahwa anak kedua ialah lelaki. Dasar ini hanyalah untuk penduduk mayoritas bangsa Han. Terdapat banyak rumah anak yatim untuk anak-anak terlantar ini, akan tetapi hanya 2% saja yang dijadik anak angkat oleh orang lain. Yang selebihnya pula besar di rumah anak yatim itu.

RRC telah mengintitusikan program pengambilan anak angkat internasional, dimana penduduk negara lain datang untuk mengangkat mereka, tetapi program ini menampakkan hasil yang tidak memuaskan. Tahun 2000 berlalu dengan perbandingan jenis kelamin pada umur lahir 117 lelaki: 100 perempuan yang tinggi berbanding perbandingan biasa (106:100) tetapi bisa dibandingkan dengan sebagian tempat seperti kasus Korea Selatan.


  1. Kebudayaan

Norma tradisional Cina diperoleh dari versi ortodoks Konfusianisme, yang diajarkan di sekolah- sek olah dan bahkan merupakan bagian dari ujian pelayanan publik kekaisaran pada zaman dulunya. Akan tetapi keadaan tidak selalu begitu karena pada masa dinasti Qing umpamanya kekaisaran Cina terdiri dari banyak pemikiran seperti legalisme, yang di dalam banyak hal tidak serupa dengan KongHu Cu, dan hak-hak mengkritik kerajaan yang zalim dan perasaan moral invididu dihalangi oleh pemikir ‘orthodoks’.

Sekarang, adanya neo-Konfucianisme yang berpendapat bahawa ide demokrasi dan hak asasi manusia sejajar dengan nilai-nilai tradisional Konfuciusme ‘Asia’. Para pemimpin yang memulai langkah-langkah untuk mengubah masyarakat Cina setelah berdirinya RRC pada 1949 dibesarkan dalam lingkungantua dan telah diajarkan norma hidup sesuai dengan lingkungan hidupnya. Meskipun mereka merupakan revolusioner yang mampu beradaptasi dengan zamannya, mereka tidak ingin mengubah budaya Cina secara besar- besaran.

Sepanjang masa pemerintahan RRC, banyak aspek budaya tradisi Cina dianggap sebagai seni lukis, peribahasa, bahasa, dan sebagainya yang lain telah coba dihapus oleh pemerintah seperti yang terjadi pada Revolusi Kebudayaan karena didakwa kolot, feudal dan berbahaya. Semenjak itu, Cina telah menyadari kesalahannya dan mencoba untuk memulihkannya semula, seperti reformasi Opera Beijing untuk menyuarakan propaganda komunisnya. Dengan berlalunya waktu, banyak aspek tradisi Cina telah diterima kerajaan dan rakyatnya sebagai warisan dan sebagian jati diri Cina. Dasar-dasar resmi pemerintah kini dibuat berlandaskan kemajuan dan penyambung peradabanRRC sebagai sebagian identitas bangsa. Nasionalisme juga diterapkan kepada pemuda untuk member legitimasi kepada pemerintahan Partai Komunis Cina.


  1. Ekonomi

Republik Rakyat Cina mencirikan ekonominya sebagai Sosialisme dengan ciri Cina. Sejak akhir 1978, kepemimpinan Cina telah memperharui ekonomi dari ekonomi terencana Soviet ke ekonomi yang berorientasi-pasar tapi masih dalam kerangka kerja politik yang kaku dari Partai Komunis. Untuk itu para pejabat meningkatkan kekuasaan pejabat lokal dan memasang manajer dalam industri, mengizinkan perusahaan skala-kecil dalam jasa dan produksiringan, dan membuka ekonomi terhadap perdagangan asing dan investasi.

Kearah ini pemerintah mengganti ke sistem pertanggungjawaban para keluaga dalam pertanian dalam penggantian sistem lama yang berdasarkan penggabunggan, menambah kuasa pegawai setempat dan pengurus kilang dalam industri, dan membolehkan berbagai usahawan dalam layanan dan perkilangan ringan, dan membuka ekonomi pada perdagangan dan pelabuhan asing. Pengawasan harga juga telah dilonggarkan. Ini mengakibatkan Cina daratan berubah dari ekonomi terpimpin menjadi ekonomi campuran.


2. Jepang


  • Kondisi Penduduk

Orang Jepang merupakan sebuah masyarakat yang homogen dari segi suku dan bahasa, jumlah penduduk secara keseluruhan berdasarkan sesus penduduk pada tahun 2009 sebesar 127.530.000 jiwa, masyarakat Jepang secara etnis dan bahasa adalah homogen, dengan sedikit penduduk asing yang kebanyakan dari Korea Utara dan Selatan (1 juta),Okinawa (1,5 juta), China dan Taiwan (0,5 juta), Malaysia (0,5 juta), Filipina (0,5 juta), dan Brazil (250,000), termasuk juga minoritas suku asli Ainu di Hokkaido. 99% penduduk bertutur bahasa Jepang sebagai bahasa ibu.

Artikel Terkait:  Pengertian Garis Bujur dan Garis Lintang Serta Fungsi Lengkap

  • Budaya

Budaya Jepang mencakup interaksi antara budaya asli Jomon yang kokoh dengan pengaruh dari luar negeri yang menyusul. Mula-mula China dan Korea banyak membawa pengaruh, bermula dengan perkembangan budaya Yayoi sekitar 300 SM. Gabungan tradisi budaya Yunani dan India, mempengaruhi seni dan keagamaan Jepang sejak abad ke-6 Masehi, dilengkapi dengan pengenalan agama Buddha sekte Mahayana.

Sejak abad ke-16, pengaruh Eropa menonjol, disusul dengan pengaruh Amerika Serikat yang mendominasi Jepang setelah berakhirnya Perang Dunia II Jepang turut mengembangkan budaya yang original dan unik, dalam seni (ikebana,origami, ukiyo -e ),kerajinan tangan (pahatan, tembikar, persembahan (boneka bunraku, tarian tradisional, kabuki, noh, rakugo), dan tradisi (permainan Jepang, onsen, sento, upacara minum teh, taman Jepang), serta makanan Jepang. Kini, Jepang merupakan salah sebuah pengekspor budaya pop yang terbesar.

Anime, manga, mode, film, kesusasteraan, permainan video, dan musik Jepang menerima sambutan hangat di seluruh dunia, terutama di negara -negara Asia yang lain. Pemuda Jepang gemar menciptakan trend baru dan kegemaran mengikut gaya mereka mempengaruhi mode dan trend seluruh dunia.


  • Ekonomi

Ekonomi pasar bebas dan industri Jepang merupakan ketiga terbesar didunia setelah Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina dilihat dari segi paritas daya beli internasional. Ekonominya sangat efisien dan bersaing dalam area yangberhubungan dengan perdagangan internasional, tapi produktivitas lebih rendah di bidang agriklutur, distribusi, dan pelayanan.

Kerjasama di antara pemerintahan dan perindustrian, etika kerja yang sehat, penguasaan  teknologi, penekanan terhadap pendidikan dan alokasi yang kecil untuk pertahanan (1% dari PDB) merupakan antara faktor-faktor yang memungkinkan Jepang berkembang pesat sehingga menjadi salah satu negara yang setanding dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa dari segi penguasaan ekonomi. Ciri-ciri khas ekonomi Jepang di antaranya adalah kerja sama yang erat diantara perusahaan yang bergerak di bidang pengilangan, perbekalan, pengedaran, dan bank.


3. Korea Selatan


  1. Kondisi Penduduk

 Jumlah penduduk Korea Selatan jauh lebih banyak dibandingkan Korea Utara karena perbedaan luas yang cukup besar. Jumlah penduduk Korea Selatan adalah sekitar 48.289.037 jiwa (menurut statistika 2002) sedangkan jumlah penduduk Korea Utara adalah 22.224.195 jiwa (menurut statistika 2002). Hal ini menyebabkan perbedaan kebijakan penduduk di negara tersebut.

Di Korea Utara,setiap keluarga dianjurkan untuk memiliki keluarga yang cukup besar (lebih kurang tiga orang anak tiap keluarga) sedangkan di Korea Selatan setiap keluarga diharus maksimal memiliki satu anak. Jumlah anak yang berlebihan di Korea Selatan akan dikenakan pajak yang sangat tinggi. Tingkat pertumbuhan penduduk Korea per tahun pada saat ini adalah 0,6% dan diperkirakan akan turun menjadi 0,06% pada tahun 2020.


  1. Budaya

Ada sebuah tradisi / kebiasaan yang cukup terkenal di Korea. Tradisi ini dinamakan sesi custom. Tradisi sesi dilaksanakan sekali setiap tahun. Sesi adalah sebuah tradisi untuk mengrealisasikan sebuah lingkaran kehidupan tahunan sehingga seseorang dapat lebih maju di lingkaran kehidupan tahun berikutnya. Tradisi sesi dilaksanakan berdasarkan kalender bulan (Lunar Calender).

Matahari,menurut adat Korea , tidak menunjukkan suatu karakteristik musiman. Akan tetapi, Bulan menunjukkan suatu perbedaan melalui perubahan fasa bulan. Oleh kerana itu, lebih mudah membedakan adanya perubahan musim atau waktu melalui fasa bulan yang dilihat. Dalam tradisi sesi, ada lima dewa yang disembah, iaitu irwolseongsin (dewa matahari bulan dan bintang), sancheonsin (dewa gunung dan sungai), yong wangsin (raja naga), seonangsin (dewa kekuasaan), dan gasin (dewa rumah).

Kelima dewa ini disembah kerana dianggap dapat mengubah nasib dan keberuntungan seseorang. Pada hari di mana sesi dilaksanakan, akan diadakan sebuah acara makan malam antar sesama keluarga yang pertalian darahnya dekat (orang tua dengan anaknya). Acara makan wajib diawali dengan kimchi dan lalu dilanjutkan dengan complete food session.


  1. Bahasa

Bahasa yang digunakan di Korea adalah bahasa Korea . Penulisan bahasa Korea dinamakan Hangeul. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong pada abad ke 15.Hangeul terdiri dari 10 huruf vokal dan 14 konsonan yang bisa dikombinasikan menjadi banyak sekali huruf-huruf dalam bahasa Korea . Hangeul sangat mudah dibaca dan dipelajari.


  1. Ekonomi

Sebagai salah satu dari empat Macan Asia Timur, Korea Selatan telah mencapai rekor pertumbuhan yang memukau, membuat Korea Selatan memiliki tingkat ekonomi terbesar ke-12 di seluruh dunia.  Secara umum, perekonomian Korea Selatan lewat ditandai lewat tingkat Inflasi yang moderat, tingkat pengangguran yang rendah, surplus dari ekspor, dan pendistribusian pendapatan yang merata. Semua ini menandakan solidnya perekonomian Korea Selatan.

Menurut Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan, pada tahun 2006 perekonomian Korea Selatan akan terus berkembang walaupun ancaman kondisi eksternal seperti harga minyak dunia tetap membayangi. Pada tahun 2006 ini, Korea Selatan telah mereformasi sektor perpajakan yang sejalan dengan arah kebijakan ekonomi makro Korea Selatan pada paruh kedua tahun 2006.

Komposisi perekonomian dilihat dari pendapatan per kapita Korea Selatan adalah sebesar 3.3 persen untuk sektor pertanian, 40.3 persen untuk sektor industri, dan 56.3 persen untuk sektor Jasa. Tiga tren utama yang diidentifikasikan akan memberikan efek positif kepada pertumbuhan industri Korea Selatan adalah:

  • Pendewasaan teknologi digital dan jaringan
  • Integrasi teknologi inter-disipliner
  • Kerjasama ekonomi antara Korea Selatan dan Korea Utara

4. Korea Utara


  • Perang Korea

Perang Korea adalah perang antara Korea Utara dan Korea Selatan yang dimulai pada 25 Juni 1950. Perang ini sempat berhenti sementara dengan gencatan senjata yang ditandatangani pada 27 Juli 1953. Konflik diakibatkan oleh pembagian Korea dan upaya kedua Korea untuk menyatukan kembali Korea dibawah pemerintahan mereka masing-masing. Perang ini menewaskan lebih dari 2 juta penduduk dan prajurit dari kedua belah pihak. Periode sebelum perang ditandai dengan konflik perbatasan pada paralel utara ke-38 dan upaya negosiasi pemilihan umum bagi keutuhan Korea.

Negosiasi berakhir ketika Tentara Rakyat Korea menyerbu Korea Selatan pada 25 Juni 1950. Di bawah restu PBB, Amerika Serikat dan sekutunya mendukung Korea Selatan. Setelah serangan balasan Korea Selatan, tentara Cina mendukung Korea Utara, dan pada akhirnya mengarah kepada gencatan senjata yang hampir memulihkan kembali perbatasan awal antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Sejak gencatan senjata tahun 1953, hubungan antara pemerintah Korea Utara dengan Korea Selatan, Uni Eropa, Kanada, Amerika Serikat, dan Jepang tetap tegang. Pertempuran dihentikan dengan gencatan senjata, tetapi kedua Korea secara teknis masih berada dalam keadaan perang. Baik Korea Utara maupun Selatan menandatangani Deklarasi Gabungan Utara-Selatan 15 Juni pada tahun 2000, ketika kedua pihak berjanji untuk mengupayakan penyatuan kembali dengan cara damai. Selain itu pada 4 Oktober 2007, para pemimpin dari Utara dan Selatan bergandengan tangan untuk mengadakan rapat puncak yang membicarakan pernyataan penghentian perang secara resmi dan mengukuhkan kembali prinsip non-agresi.


  • Geografi

Korea Utara menguasai sebagian utara Semenanjung Korea, meliputi wilayah seluas 120.540 km² (46,541 mil²) air 4,87 %. Korea Utara berbatasan dengan Republik Rakyat Cina dan Rusia di utara, dan dengan Korea Selatan di sepanjang Zona Demiliterisasi Korea. Batas barat Korea Utara adalah Sungai Kuning danTeluk Korea, sementara di timur terdapat Jepang di seberang Laut Jepang. Titik tertinggi di Korea Utara adalah Gunung Paektu-san dengan ketinggian 2.744 m (9,003 kaki). Sungai terpanjang di Korea Utara adalah Sungai Amnok yang mengalir sepanjang 790 kilometer (491 mil). Jumlah penduduk berdasarkan sensus penduduk 2009 sebasar 23.906.000 jiwa.

Iklim Korea Utara relatif sedang. Menurut klasifikasi iklim Köppen, negara ini beriklim Dwa, dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang kering. Pada musim panas, terdapat musim hujan singkat yang disebut changma. Pada 7 Agustus 2007, bencana banjir terburuk dalam 40 tahun terakhir melanda Korea Utara, sehingga pemerintah meminta bantuan kepada dunia internasional. Beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat atau Organisasi Non-Pemerintah, semisal Palang Merah, meminta orang-orang untuk menyumbang karena kekhawatiran akan terjadinya bencana kemanusiaan.

Artikel Terkait:  Lapisan Atmosfer dan Fungsinya

  • Ekonomi

Korea Utara memiliki ekonomi komando yang terindustrialisasi, autarkik, dan sangat terpusat. Dari lima negara sosialis yang tersisa di dunia, Korea Utara adalah satu dari dua negara (bersama-sama dengan Kuba) dengan ekonomi yang dimiliki negara dan direncanakan oleh pemerintah sepenuhnya.

Kebijakan isolasi Korea Utara berarti bahwa perdagangan internasional sangatlah dibatasi. Korut mengeluarkan undang-undang pada tahun 1984 yang memperbolehkan investasi asing melalui joint venture, akan tetapi gagal mengundang investasi yang berarti. Pada tahun 1991, Zona Ekonomi Khusus Rason didirikan, dengan tujuan menarik investasi asing dari Cina dan Rusia. Perusahaan-perusahaan Cina dan Rusia telah memperoleh hak untuk menggunakan pelabuhan di Rason. Investor Cina telah merenovasi jalan dari Rason ke Cina, dan pekerja kereta api Rusia merenovasi jalur kereta api dari Rason ke Rusia.


5. Taiwan


  1. Kondisi Penduduk

Taiwan tanahnya kurang dan penduduknya ramai. Setalat penghujung tahun 2001, jumlah keseluruhan penduduk Taiwan mencatat 22.4 juta orang, dan kepadatan penduduk ialah 619 orang di setiap kilometer persegi. Penduduk tua semakin ramai di Taiwan. Setakat akhir tahun 2001, nisbah penduduk yang berumur 0-14 tahun turun ke 25.8%, nisbah penduduk yang berumur 15-64 tahun meningkat ke 67.4%, dan 65 tahun ke atas meningkat ke 6.8%. Taburan penduduk Taiwan kurang seimbang.

Kawasan pergunungan yang menduduki 1/3 keluasan Taiwan yang berparas laut 1000 meter ke atas hanya mempunyai lebih 20 orang di setiap kilometer persegi. Manakala kepadatanpenduduk di bandar mencapai lebih 4,800 orang di setiap kilometer persegi,khususnya di bandar Taipei, Gaoxiong, Taizhong, Jilong, Xinzhu, Jiayi danTainan. Keluasan ketuju-tuju bandar tersebut hanya menduduki 2.9% keluasankeseluruhan Taiwan, tetapi penduduknya menduduki 31% jumlah keseluruhan penduduk Taiwan.

Kerajaan tempatan Taiwan sering mengubah suai dasar  penduduk berdasarkan perkembangan sosiol ekonomi. Sejak tahun 1965, Taiwan mulai melaksanakan Rancangan keluarga iaitu menetapkan batas umur kahwin dan umur pelahiran dan menganjurkan setiap suami isteri melahirkan seorang anak tidak cukup, dua anak paling baik. Kemudiannya, nisbah pelahiran muali menurun di Taiwan dan berjaya mencegah jumlah penduduk bertambah terlalu cepat.

Tetapi setelah pertambahan penduduk diperlahankan, masalah baru turut muncul seperti wargatua semakin ramai dan kekurangan tenaga buruh. Maka pada tahun 1990, pihak berkuasa Taiwan mengubah suai dasar penduduknya, dan menggubal dasar baru yaitu melahirkan dua anak paling baik, tiga anak tidak bekelebihan. Pada beberapa tahun kebelakangan ini, pihak berkuasa Taiwan terus menggalakkan rakyat melahirkan ramai anak.


  1. Ekonomi

Taiwan memiliki ekonomi kapitalis yang dinamik dengan panduan investasi dan perdagangan asing oleh pemerintah yang terus berkurang. Untuk  menjaga trend ini, beberapa bank milik -pemerintah dan perusahaan industri telahberpusat pada modal dan teknologi. Taiwan telah menjadi investor utama diRRC,Thailand, Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Vietnam. Pasaran pekerja yang semakin meluas telah mengakibatkan masuknya pekerja asing, baik yang legal maupun ilegal. Karena pendekatan keuangan yang konservatif dan kekuatan berbisnisnya, Taiwan menderita sedikit saja dibanding tetangganya dalam krisis finansial Asia pada 1998-1999.


6. Mongolia


  • Kondisi Penduduk

Sepertiga dari negara yang berpopulasi 2.662.000 jiwa ini menetap di ibukota Ulan Bator. Sedangkan di pedesaan kebanyakan penduduknya yang hidup nomaden tinggal di gher (tenda) di mana mereka menempuh perjalanan jarak jauh dengan kuda sambil menuntun sekawanan domba dan sapi.


  • Budaya

Setelah 800 tahun Mongolia akhirnya berhasil menjadi sebuah Negara berdaulat, mengingat negeri ini diapit oleh dua negara adidaya, yaitu Rusia dan Cina. Mongolia berubah menjadi suatu negara demokrasi sejak berakhirnya komunisme tahun 1990, walaupun perubahannya tidak sempurna. Tapi transisi serentak ke ekonomi pasar menimbulkan kesenjangan pendapatan, kemiskinandan ketercerberaian masyarakat.


7. Hong Kong


  1. Sejarah

Wilayah Hong Kong diperkirakan sudah mulai ditinggali manusia sejak zaman Neolitikum namun baru dikenal secara luas saat Hong Kong diserahkan kepada Britania Raya setelah Perang Opium di abad ke-19. Sebelumnya pada 1513, pelaut Portugis Jorge Álvares, menjadi orang Eropa pertama yang mengunjungi Hong Kong.

Dalam Konvensi Peking tahun 1860 setelah Perang Opium Kedua, Semenanjung Kowloon dan Stonecutter’s Island diserahkan kepadaBritania Raya sedangkan New Territories, termasuk Pulau Lantau, disewakan pada Britania untuk 99 tahun sejak 1 Juli 1898 dan berakhir 30 Juni 1997.


  1. Agama

Sebagian besar penduduk hong kong beragama budha 700.000, katholik 353.000, protestan 320.000, islam 90.000, hindu 40.000, sikh 8.000 dan yahudi 4.000.


  1. Geografi

Hong Kong terdiri dari Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories jika diurutkan dari selatan . Di sebelah utara New Territories terdapat kota Shenzhen di seberang Sungai Sham Chun (Sungai Shenzhen). Di antara 236 pulau di Hong Kong, Pulau Lantau adalah yang terbesar sedangkan Hong Kong adalah yang kedua terbesar dan populasinya adalah yang terbesar. Pulau yang paling padat adalah Ap Lei Chau.

Semenanjung Kowloon menempel ke New Territories di utara, dan New Territories menempel ke Tiongkok daratan di seberang Sungai Sham Chun (Sungai Shenzhen). Hong Kong memiliki 236 pulau di Laut China Selatan, yang di mana Pulau Lantau merupakan pulau terbesar dan pulau Hong Kong yang kedua terbesar dan paling besar populasinya. Ap Lei Chau merupakan yang paling padat penduduknya di Hong Kong dan di dunia.


  1. Ekonomi

Hong Kong menjanakan ekonomi melalui pergantungan terhadap perdagangan antara bangsa. Ia merupakan salah satu daripada ekonomi terbebas di dunia dan  juga kawasan perdagangan yang ke-10 terbesar dan pusat perbankan yang ke-11 terbesar di dunia. Sumber alam semula jadi amat terhad dan bahan mentah serta makanan terpaksa diimport. Malahan nilai import dan export, termasuk pengeksportan-semula, tiap-tiap satunya melebihi KDNK dalam nilai dolar.

Hong Kong mempunyai lingkaran perdagangan dan pelaburan yang meluas dengan Republik Rakyat Cina, sebelum daripada penyatuan semulanya dengan negeri Cina pada 1 Julai, 1997. Industri perkhidmatan mewakili 86.5% KDNK pada tahun 2001, dan kawasan Hong Kong, dengan sektor perbankannya yang amat maju pernah menjadi tuan rumah untuk beberapa HQ Asia untuk banyak syarikat-syarikat multi-nasional dalam beberapa dekad yang lepas.


8. Makau


  • Sejarah

Makau terletak pada 70 km sebelah barat daya Hong Kong dan 145 km dari Guangzhou. Ia adalah koloni Eropa tertua di Cina, sejak abad ke-16. Pemerintahan Portugal menyerahkan kedaulatan terhadap Makau kepada Republik Rakyat Cina (RRC) pada 1999, dan Makau kini merupakan sebuah Daerah Administratif Khusus Cina. Penduduk Makau kebanyakan bertutur dalam Bahasa Kantonis; selain itu, Bahasa Mandarin, Bahasa Portugis dan Bahasa Inggris juga digunakan.

  • Geografi

Makau terbagi menjadi 4 devisi yaitu :

  1. Pulau Taipa
  2. Pulau Cotai
  3. Pulau Coloane

  • Ekonomi

Secara besarnya didasarkan pelancongan, termasuk berjudi, tekstil dan bunga api. Membuat tekstil dan bunga api merupakan sumber ekonomi kedua selepas perjudian. Usaha untuk mempelbagaikan sumber ekonomi mewujudkan beberapa industri lain seperti membuat alat permainan, bunga plastik, dan alatan elektrik. Industri membuat baju menyumbang sebanyak 3/4 eksport, dan sektor perjudian menyumbang sebanyak 40% daripada KDNK Makau.


Daftar Pustaka:

  1. Mayer, M. J. 1956. Ghengis Khan. Jawatan Pengajaran Kementrian Pendidikan, Pengajaran dan kebudayaan, Jakarta.
  2. Nio You Lan. 1952. Tiongkok Sepanjang Abad. Balai Pustaka, Jakarta.
  3. Agung, Leo. 2012. Sejarah Asia Timur I. Jakarta: Penerbit Ombak.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 8 Profil Negara Asia Timur: Ibukota, Luas Wilayah, Iklim & Kondisi Ekonomi

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: