Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Sumber-Daya-Alam-yang-Dapat-Diperbaharui

Pengertian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah segala sumber daya alam yang tidak akan pernah habis walaupun kita selalu menggunakannya. Sementara SDA yang tidak dapat diperbarui adalah SDA Yang jika secara terus menerus manusia menggunakannya, tidak membatasi penggunaan, Sumber daya tersebut akan habis.


Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Berikut ini terdapat beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, yaitu sebagai berikut:


  1. Biomassa

Biomassa

Biomassa adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati, tetapi tubuh mereka masih dapat digunakan oleh manusia. Biomassa termasuk serbuk gergaji kayu dan residu kulit yang digunakan kembali dalam pembuatan furnitur. Selain itu, rumput kering yang tersisa digunakan kembali untuk kompos. Kotoran hewan yang tersisa juga digunakan sebagai energi alternatif untuk menggantikan bahan bakar dari gas alam, yaitu biogas.


  1. Geothermal

Geothermal

Geothermal adalah energi yang berasal dari energi panas bumi. Energi ini dianggap sebagai energi alternatif sebagai pembangkit listrik, karena energi ini bersih dan energi ramah lingkungan. Energi ini belum digunakan sebagai energi umum, dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Artikel Terkait:  Negara-Negara Kawasan Asia Tenggara

  1. Nuklir

Nuklir

Nuklir adalah energi buatan yang berasal dari proses pemecahan atom. Nuklir banyak digunakan sebagai sumber pembangkit listrik. Salah satu negara yang menggunakan energi ini adalah Jepang. Nuklir juga merupakan alasan terhentinya perang dunia kedua, karena efek ledakan yang ditimbulkan oleh nuklir sangat besar.


  1. Matahari

Sinar matahari adalah salah satu sumber energi yang dapat digunakan terus menerus, karena jumlahnya tidak terbatas. Matahari adalah pusat galaksi Bima Sakti. Panas matahari, sering digunakan oleh rumah sebagai sumber energi untuk menyalakan pemanas air atau pemanas ruang. Selain itu, sinar matahari mulai digunakan sebagai penghasil energi listrik, karena jumlahnya tidak terbatas dan ramah lingkungan.


  1. Angin

Angin

Angin menggerakkan udara. Angin sering digunakan sebagai energi alternatif seperti pembangkit listrik tenaga angin, serta alat untuk sistem irigasi. Angin adalah sumber daya alam yang memiliki kuantitas tak terbatas. Sehingga angin dianggap sebagai energi alternatif yang murah dan ramah lingkungan.


  1. Air

Air

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki jumlah yang sangat besar. Air di Indonesia sering digunakan sebagai sumber pembangkit listrik. Air juga merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan di bumi.


  1. Tanah

Tanah

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang juga memiliki jumlah yang sangat besar. Tanah digunakan sebagai bagian dari pertanian, perkebunan, dan pembangunan. Tanah atau pasir juga digunakan sebagai alat untuk memasak. Di beberapa desa di Indonesia, tanah atau pasir dianggap sebagai pengganti minyak untuk kerupuk goreng. Selain itu, oleh orang-orang di Madura, tanah atau pasir digunakan sebagai tempat tidur karena dianggap lebih sehat dan lebih nyaman.


  1. Tumbuhan

Tumbuhan

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup di bumi, dan dianggap sebagai salah satu sumber daya alam. Tumbuhan dapat bereproduksi atau diperbanyak oleh manusia. Tumbuhan adalah salah satu sumber daya alam yang terbarukan, karena tanaman dapat berkembang biak. Baik dengan upaya sendiri atau oleh manusia.

Artikel Terkait:  Faktor Pusat Pertumbuhan: Pengertian, Fungsi dan Teori

  1. Hewan Darat

Hewan Darat

Hewan darat adalah hewan yang hidup di darat. Hewan darat adalah makhluk hidup di bumi. Hewan darat merupakan salah satu sumber protein bagi manusia. Selain itu, hewan darat juga dapat menjadi alat transportasi dan alat untuk membantu pekerjaan manusia, seperti sapi untuk membajak dan monyet untuk memetik kelapa. Sama seperti tanaman, hewan darat dapat berkembang biak, sehingga mereka dapat menjadi sumber daya alam yang terbarukan.


  1. Hewan Air

Hewan Air

Hewan laut adalah hewan yang hidup di air. Hewan akuatik dibagi menjadi hewan air tawar dan hewan air asin. Hewan air juga merupakan sumber protein bagi manusia. Hewan air juga dipercaya bisa menyembuhkan banyak penyakit. Seperti hewan darat, hewan air juga dapat berkembang biak, sehingga dianggap sebagai sumber daya alam yang terbarukan.


  1. Gelombang Air Laut

Gelombang Air Laut

Gelombang adalah aliran air laut yang melengkung karena perbedaan tekanan angin dan air laut. Gelombang adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki jumlah yang sangat besar. Gelombang dapat digunakan sebagai sumber pengangkat listrik. Selain itu ombaknya digunakan sebagai sumber listrik untuk mercusuar di tebing.


  1. Pasang Surut Air Laut

Pasang Surut Air Laut

Pasang naik dan turunnya permukaan laut. pasang surut juga dapat digunakan sebagai sumber tenaga listrik. Meskipun penggunaan metode ini tidak banyak diketahui dan digunakan oleh negara-negara di dunia. Namun, metode ini dapat membantu memasok listrik di desa-desa nelayan di pantai yang belum terkena listrik.


  1. Mutiara

Mutiara

Mutiara adalah benda keras yang terbentuk di jaringan lunak (terutama mantel) dari moluska hidup. Mutiara memiliki nilai ekonomi tinggi, misalnya digunakan untuk perhiasan, mutiara yang dapat dihancurkan dapat digunakan untuk bahan kosmetik, obat-obatan, atau dalam formula cat. Pembaruan mutiara bisa dilakukan melalui budidaya keong.

Artikel Terkait:  Makalah Gempa Bumi

  1. Terumbu Karang

Terumbu Karang

Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri dari sekelompok hewan karang yang membentuk struktur kalsium karbonat, sejenis batu kapur. Lebih banyak terumbu karang ditemukan di perairan laut dangkal. Terumbu karang dapat digunakan sebagai indikator kebersihan laut. Manusia dapat memanfaatkan keindahan terumbu karang sebagai sumber daya di bidang pariwisata, terutama wisata bahari.


  1. Minyak Gondorukem

Minyak Gondorukem

Minyak Gondorukem adalah minyak yang berasal dari pengolahan hasil penyadapan batang pinus (pinus). Gondorukem (resina colophonium) sebagai hasil pembersihan residu dari proses destilasi (destilasi) uap terhadap resin pinus. Hasil distilasi adalah terpentin.

Gondorukem banyak digunakan untuk pelembut plester dan perban gigi, untuk penguatan eyeshadow dan bulu mata, untuk perekat warna dalam industri percetakan (tinta) dan cat (pernis).


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 15 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan Pengertian

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: