4 Susunan Lapisan Matahari Beserta Penjelasan Secara Lengkap

4 Susunan Lapisan Matahari Beserta Penjelasan Secara Lengkap


Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Lapisan Matahari“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

4 Susunan Lapisan Matahari Beserta Penjelasan Secara Lengkap

Pengertian Matahari

Matahari merupakan bintang terdekat dengan Bumi dengan jarak rata-rata 149.680.000 kilometer (93.026.724 mil). Matahari serta kedelapan buah planet (yang sudah diketahui/ditemukan oleh manusia) membentuk Tata Surya. Matahari dikategorikan sebagai bintang kecil jenis G.

pengertian lain dari matahari merupakan suatu bola gas yang pijar dan ternyata tidak berbentuk bulat betul. Matahari mempunyai katulistiwa dan kutub karena gerak rotasinya. Garis tengah ekuatorialnya 864.000 mil, sedangkan garis tengah antar kutubnya 43 mil lebih pendek. Matahari merupakan anggota Tata Surya yang paling besar, karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari.

Di samping sebagai pusat peredaran, matahari juga merupakan pusat sumber tenaga di lingkungan Tata Surya. Matahari terdiri dari inti dan tiga lapisan kulit, masing-masing fotosfer, kromosfer dan korona. Untuk terus bersinar, matahari, yang terdiri dari gas panas menukar zat hidrogen dengan zat helium melalui reaksi fusi nuklir pada kadar 600 juta ton, dengan itu kehilangan empat juta ton massa setiap saat.

Matahari dipercayai terbentuk pada 4,6 miliar tahun lalu. Kepadatan massa matahari adalah 1,41 berbanding massa air. Jumlah tenaga matahari yang sampai ke permukaan Bumi yang dikenali sebagai konstan surya menyamai 1.370 watt per meter persegi setiap saat. Matahari sebagai pusat Tata Surya merupakan bintang generasi kedua. Material dari matahari terbentuk dari ledakan bintang generasi pertama seperti yang diyakini oleh ilmuwan, bahwasanya alam semesta ini terbentuk oleh ledakan big bang sekitar 14.000 juta tahun lalu.

Artikel Terkait:  Komponen Peta

Susunan Lapisan Matahari

Berikut ini terdapat 4 susunan lapisan matahari, antara lain:


1. Lapisan Inti Matahari

Inti matahari merupakan tempat berlangsungnya reaksi fusi hidrogen menjadi inti helium dan menghasilkan reaksi yang sngat besar. Suhu inti matahari mencapai 15 juta kelvin.


2. Lapisan Fotosfera pada Matahari

Lapisan Fotosfera merupakan bagian permukaan matahari yang dapat kalian lihat sehari-hari, atau disebut juga lapisan cahaya. Suhu di bagian dalam fotosfera kira-kira 6000 kelvin.


3. Lapisan Kromosfera pada Matahari

Lapisan kromosfera dapat terlihat saat terjadi gerhana matahari. Kromosfera tersusun dr lapisan hidrogen. Suhu lapisan kromosfera di dekat korona mencapai 10.000 kelvin, sedangkan di lapisan luarnya kurang lebih 4000 kelvin


4. Lapisan Korona pada Matahari

Lapisan Korona ini dapat dilihat pada saat terjadi gerhana matahari berupa lingkaran putih yang mengelilingi matahari. Lapisan korona mengandung gas yang sangat tipis bersuhu 1 juta kelvin. Korona berwarna abu-abu akibat tumbukan ion-ion pada suhu yang sangat tinggi.


Ukuran Matahari

Matahari adalah bintang yang paling besar yang terdapat di tata surya. Bintang adalah benda langit yang dapat menyinarkan cahayanya sendiri, sehingga matahari merupakan benda langit yang terbesar yang bisa menyinarkan cahaya dengan sendirinya. Ukuran yang dimiliki matahari jauh lebih besar daripada yang dimiliki Bumi, bahkan planet yang terbesar sekalipun. Ukuran diamater yang dimiliki oleh matahari yaitu sekitar 1.400.000 km dan ukuran matahari lebih besar sekitar 109 kali dari diameter yang dimiliki oleh Bumi.

Dengan ukuran yang sedemikian besar, maka matahari memiliki gaya gravitasi yang paling besar. Oleh karena itu, matahari dapat menjadi pusat tata surya dan sanggup menarik planet- planet yang terdapat di sekitarnya sampai membentuk sebuah orbit. Melalui orbit masing- masing, planet- planet tersebut mengitari matahari dan disebut dengan peristiwa revolusi.

Artikel Terkait:  Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Suhu Matahari

  1. Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Berkenaan dengan suhu Matahari, mungkin sudah banyak yang tahu bahwa:
  2. Temperatur di permukaan Matahari sekitar 6.000 °C namun ada juga yang menyebutkan suhu permukaan sebesar 5.500 °C.
  3. Temperatur tertinggi terletak di bagian tengahnya yang diperkirakan tidak kurang dari 25 juta derajat Celsius namun disebutkan juga kalau suhu pada intinya 15 juta derajat Celsius. Ada pula yang menyebutkan temperatur di inti matahari kira kira sekitar 13.889.000 °C.

Angka-angka yang tercantum dalam pernyataan diatas terkesan tidak pasti, karena seperti yang tertulis diatas bahwa Matahari terdiri atas beberapa struktur atau lapisan, dan lapisan-lapisan tersebut memiliki suhu yang berbeda-beda, sehingga seharusnya bila kita ingin tahu mengenai suhu matahari harus lebih spesifik di bagian mana.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 4 Susunan Lapisan Matahari Beserta Penjelasan Secara Lengkap

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!

 

Baca Artikel Lainnya: