Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Manajemen“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Fungsi Manajemen

Daftar Isi

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan mengenai usaha-usaha para anggota organisasi serta pengunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Manajemen mempunyai aktivitas memimpin, mengelola, mengendalikan, dan mengembangkan.

Pengertian lain dari manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui kerja sama dengan orang lain.


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian manajemen menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut G.R. Terry

Manajemen merupakan suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata.


2. Menurut Hilman

Manajemen merupakan fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.


3. Menurut Ricky W. Griffin

Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.


4. Menurut Drs. Oey Liang Lee

Manajemen merupakan seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


5. Menurut William H. Newman

Manajemen merupakan fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.

Artikel Terkait:  Pengertian Pendapatan Daerah

6. Menurut Renville Siagian

Manajemen merupakan suatu bidang usaha yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli tyerlatih serta berpengalaman.


7. Menurut Prof. Eiji Ogawa

Manajemen merupakan Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.


8. Menurut Federick Winslow Taylor

Manajemen merupakan Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan.


9. Menurut Henry Fayol

Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama merupakan merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.


10. Menurut Lyndak F. Urwick

Manajemen merupakan Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commanding (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).


Fungsi Manajemen

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari manajemen, antara lain:


1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan (planning) merupakan memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.


2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian (Organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.


3. Pengarahan (Directing)

Pengarahan (directing) merupakan suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.


4. Penyusunan Personalia (Staffing)

Penyusunan Personalia (staffing) merupakan penarikan, pelatihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif.


5. Pengawasan (Controlling)

Pengawasan (Controlling) merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, tujuan pengawasan adalah memperbaiki kesalahan, penyimpangan, penyelewengan dan kegiatan lainnya yang tidak sesuai dengan rencana.


Tingkatan Manajemen

Berikut ini terdapat beberapa tingkatan dalam manajemen, antara lain:


1. Top Management (Manajemen Top)

Top Managemen adalah jenjang tertinggi dan biasa disebut dengan manajer senior, eksekutif kunci. Top manajer bertanggung  jawab atas kebijakan-kebijakan dan strategi-strategi perusahaan yang kemudian diterjemahkan secara lebih spesifik oleh manajer dibawahnya.


2. Middle Management (Manajemen Menengah)

Middle Managemen bertugas mengawasi beberapa unit kerja dan menerapkan rencana yang sesuai dengan tujuan dan tingkatan yang lebih tinggi dan melaporkannya kepada top management.

Artikel Terkait:  Pengertian Pasar Oligopoli

3. Lower Management (Manajemen Lebih Rendah)

Lower Management adalah tingkatan yang paling bawah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Lower management dikenal sebagai istilah operasional (Mandor, Supervisior dan kepala seksi.


Prinsip-Prinsip Manajemen

Berikut ini terdapat beberapa prinsip-prinsip dalam manajemen, antara lain:


1. Pembagian Kerja (Division of Labour)

Pembagian kerja harus disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian sehingga pelaksanaan kerja akan berjalan efektif. Oleh karena itu, pembagian kerja harus didasarkan dari prinsip the  right man in the right place dan bukan atas dasar like and dislike. Pembagian kerja ini akan meningkatkan efisiensi pelaksanaan kerja seseorang dalam suatu organisasi atau perusahaan.


2. Wewenang dan Tanggung Jawab (Authority and Responsibility)

Wewenang mencakup hak untuk memberi perintah dan dipatuhi, biasanya dari atasan ke bawahan. Wewenang ini harus diikuti dengan pertanggungjawaban kepada pihak yang memberikan perintah.


3. Disiplin (Dicipline)

Disiplin mencakup mengenai rasa hormat dan taat kepada peranan dan tujuan organisasi.


4. Kesatuan Perintah (Unity of Command)

Setiap karyawan hanya menerima instruksi tentang kegiatan tertentu hanya dari satu alasan.


5. Kesatuan Arah (Art of Direction)

Dalam melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawabnya, karyawan harus diarahkan oleh seorang manajemer dengan penggunaan satu rencana.


6. Meletakkan kepentingan

Organisasi dari pada kepentingan sendiri (Sub Ordination of Individual Interest to General Interest).


7. Balas Jasa atau Pemberian Upah (Remuneration)

Kompensasi untuk pekerjaan yang dilakukan haruslah adil, baik bagi karyawan maupun dengan pemilik.


8. Sentralisasi atau Pemusatan (Centralization)

Dalam pengambilan keputusan harus ada keseimbangan yang tepat antara sentralisasi desentralisasi.


9. Hierarki

Adanya hierarki akan menentukan batas kewenangan yang harus dimiliki oleh masing-masing karyawan dalam perusahaan. Dengan adanya hierarki, setiap karyawan akan mengetahui kepada siapa ia harus bertanggung jawab dan dari siapa ia mendapatkan perintah.


10. Ketertiban (Order)

Ketertiban dalam melaksanakan pekerjaan merupakan syarat utama bagi kelangsungan dan kenyamanan orang bekerja dalam perusahaan.


11. Keadilan dan Kejujuran (Equity)

Keadilan dan kejujuran merupakan salah satu syarat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam hal ini, harus ada perlakuan yang sama dalam sebuah organisasi.


12. Stabilitas Kondisi Karyawan

Kestabilan karyawan harus dijaga sebaik-baiknya agar segala pekerjaan berjalan dengan lancar. Kestabilan dapat terwujud karena adanya disiplin kerja yang baik dan adanya ketertiban dalam kegiatan.


13. Inisiatif (Initiative)

Bawahan harus diberi kebebasan untuk menjalankan dan menyelesaikan rencana pekerjaan meskipun beberapa kesalahan mungkin terjadi.


14. Semangat Kesatuan dan Semangat Korps

Setiap karyawan harus memiliki rasa kesatuan,yaitu rasa senasip dan sepanggungan sehingga menimbulkan semangat kerja sama yang baik. Manajer yang baik akan mampu melahirkan semangat kesatuan (esprit de corps ) sehingga karyawan akan memiliki kebanggaan, kesetiaan, dan rasa memiliki fungsi terhadap perusahaan.


Unsur-Unsur Manajemen

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur manajemen, antara lain:


1. Manusia

Sarana utama bagi setiap manajer untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu adalah manusia. Tanda adanya manusia, manajer tidak akan mungkin dapat mencapai tujuannya. Manusia merupakan orang yang memperoleh hasil melalui kegiatan orang-orang lain.

Artikel Terkait:  Pengertian Ekonomi Makro, Tujuan, Permasalahan dan Alasannya

2. Uang

Untuk menjalankan berbagai kegiatan perusahaan diperlukan uang. Uang yang digunakan untuk membayar upah atau gaji, membeli bahan-bahan, dan peralatan. Uang sebagai sarana manajemen harus digunakan seefektif agar tujuan tercapai dengan biaya yang serendah mungkin.


3. Bahan-Bahan

Material adalah faktor pendukung utama dalam proses produksi, dan sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses produksi, tanpa adanya bahan maka proses produksi tidak akan berjalan. Bahan-bahan tersebut misalnya bahan baku dan bahan pembantu lainnya untuk menunjang proses produksi.


4. Mesin

Dengan kemajuan teknologi, penggunaan mesin-mesin sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan.


5. Metode

Untuk melakukan kegiatan-kegiatan agar berdaya guna dan berhasil guna, manusia dihadapkan pada berbagai alternatif metode atau cara melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, metode merupakan sarana manajemen untuk mencapai tujuan.


6. Pasar

Pasar adalah sarana yang tidak kalah penting dalam manajemen, karena tanda adanya pasar, hasil produksi tidak akan ada artinya sehingga tujuan perusahaan tidak akan tercapai.


Bidang-Bidang Manajemen

Berikut ini terdapat beberapa bidang-bidang dalam manajemen, antara lain:


1. Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah kegiatan untuk mengoordinasikan penggunaan sumber daya (sumber daya, alat, sumber daya manusia, sumber daya dana) secara efesien dan efektif untuk menambah kegunaan suatu barang dan jasa. Tujuan utama dari manajemen produksi adalah menciptakan nilai tambah pada perusahaan demi kepuasaan konsumen.


2. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran melingkupi semua kegiatan perpindahan jasa maupun barang dari produsen ke konsumen atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang dan atau jasa dari produsen ke konsumen. Ada delapan fungsi pemasaran, yaitu penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standardisasi dan grading serta pengumpulan informasi pasar.


3. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah pengelolaan aspek keuangan yang digunakan untuk berbagai penggunaan bisnis dan berhubungan dengan kombinasi jenis-jenis pembiayaan yang terbaik supaya diperoleh efisiensi dalam perusahaan.


4. Manajemen Personalia

Manajemen personalia adalah suatu ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan terhadap personalia sehingga efektivitas dan efisien personalia bisa ditingkatkan secara maksimal.


5. Manajemen Perkantoran

Manajemen perkantoran adalah mengumpulkan, mencatat, menganalisis dan melaporkan keuangan perusahaan sebagai bahan pengambilan keputusan.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Fungsi, Prinsip dan Unsur

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: