Valuta Asing adalah

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Valuta Asing“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Pelaku

Pengertian Valuta Asing

Valuta asing adalah mata uang yang digunakan serta diterima oleh banyak negara dalam perdagangan internasional.

Pasar valuta asing adalah tempat pertukaran uang dari berbagai jenis nilai mata uang yang berbeda-beda. Harga valuta asing ditentukan melalui proses permintaan dan penawaran dalam mekanisme pasar atau kurs (nilai tukar).

Guna memenuhi kebutuhan turis asing tersebut, maka mereka pasti membutuhkan uang untuk membayar semua itu dan uang yang digunakan haruslah uang Indonesia, dan sebaliknya juga apabila di luar negeri. Apabila kita sedang keluar negeri, maka guna membayar kebutuhan kita saat disana yakni dengan menggunakan mata uang yang berlaku dan digunakan di negara tersebut.


Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian valuta asing menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut Eng, Lees dan Mauer

Valuta asing merupakan mata uang asing yang bertindak sebagai aset atau klaim keuangan pada perusahaan dalam bentuk mata uang asing.

Artikel Terkait:  Pasar Persaingan Sempurna

2. Menurut Jose Rizal Joesoef

Valuta asing merupakan mata uang asing yang dapat dipakai sebagai alat pembayaran di luar negeri.


3. Menurut Hamdy Hadi

Valuta asing merupakan mata uang asing yang mempunyai fungsi alat pembayaran dalam membiayai setiap transaksi dibidang ekonomi keuangan internasional serta terdapat catatan kurs resmi atas bank sentral.


Fungsi Valuta Asing

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari valuta asing, antara lain:


1. Alat Tukar Internasional

Valuta asing digunakan untuk alat perantara dalam tukar-menukar barang dan jasa dengan negara lainnya. Seperti, Indonesia mengimpor mesin dari Amerika Serikat maka pembayaran tidak memakai mata uang rupiah, melainkan menggunakan valuta asing, contohnya ialah Valuta asing $ US).


2. Alat Pembayaran Internasional

Apabila pemerintah memiliki utang dengan negara lain, maka untuk membayar cicilan utang dan bunga tersebut harus dilakukan dengan menggunakan valuta asing. Oleh karena itu, valuta asing digunakan sebagai alat pembayaran internasional dengan negara lain.


3. Alat Pengendali Kurs

Kurs diartikan sebagai perbandingan antara nilai mata uang suatu negara terhadap mata uang asing dari negara lain, sehingga kurs mata uang negara tersebut dapat melemah atau menguat. Valuta asing digunakan untuk mengendalikan kurs rupiah terhadap mata uang asing seperti Dollar Amerika.


4. Alat Memperlancar Perdagangkan Internasional

Valuta asing dapat menjadi alat untuk memperlancar dan mempermudah suatu negara melakukan perdagangan internasional dengan negara lain. Apabila tidak ada valuta asing, maka perdagangan dengan negara lain dapat terganggu, hal ini karena perdagangan tersebut hanya dapat untuk dilakukan dengan cara tukar-menukar barang atau barter.


Jenis-Jenis Valuta Asing

Berikut ini terdapat dua (2) jenis-jenis valuta asing, antara lain:

Artikel Terkait:  Materi Manajemen Keuangan

1. Valuta Asing Fisik

Valuta asing fisik merupakan uang asing dalam pengertian yang sebenarnya, yakni uang asing yang bentuknya uang kartal baik itu uang logam, uang kertas bank, atau uang kertas negara. Pada jenis valuta asing fisik mempunyai pengertian yang sama dengan uang kartal, yang membuat valuta asing ini dapat digunakan dalam perdagangan internasional.


2. Valuta Asing Non-Fisik

Valuta asing dalam bentuk surat-surat berharga atau uang giral. Contohnya ialah: cheque, internasional money order, wesel, cek dan travelers.


Pelaku Pasar Valuta Asing

Berikut ini terdapat beberapa pelaku pasr valuta asing, antara lain:


1. Dealer

Dealer merupakan pihak yang berfungsi untuk membuat pasar menjadi bergairah di pasar uang. Pada umumnya dealer (market maker) akan mengkhususkan mata uang tertentu dan menentukan tingkat persediaan mata uang tersebut.


2. Perusahaan atau Perorangan

Perusahaan atau seseorang bisa menjalankan transaksi perdagangan dalam pasar valuta asing. Dalam pasar valuta asing dimanfaatkan untuk memperlancar transaksi bisnis. Contohnya ialah: eksportir, investor internasional, importir, perusahaan multinasional, dan sebagainya.


3. Arbitrator dan Spekulan

Arbitrator dan spekulan merupakan orang-orang yang mengeksploitasi terhadap perbedaan setiap kurs antar valuta asing. Mereka mempunyai peran yang hampir sama dengan semata-mata didorong motif yang hanya mengejar dan mencari setiap keuntungan. Mereka terus menuai keuntungan dari adanya fluktuasi drastis pada pasar valuta asing.


4. Pialang

Pialang merupakan orang yang memiliki peran sebagai perantara dalam mempertemukan penawaran dengan permintaan terhadap mata uang tertentu. Seorang pialang memiliki akses langsung dengan dealer dan bank di seluruh dunia, meskipun tidak bertemu langsung.


5. Bank Sentral

Bank Sentral berperan sebagai pengendali dan pengawas disetiap melakukan transaksi jual beli valuta asing. Bank sentral memiliki fungsi untuk menstabilkan nilai tukar mata uang negara yang bersangkutan atau yang kegiatan intervensi.

Artikel Terkait:  Pengertian Ekonomi Syariah

6. Pemerintah

Tujuan pemerintah dalam transaksi valuta asing yaitu untuk membayar hutang luar negeri serta sebagai penerima pendapatan dari luar negeri kemudian ditukarkan ke mata uang lokal.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Pelaku

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: